Latihan Fisik Bisa Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis menjadi salah satu permasalahan yang tidak bisa dianggap sepele. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang akibat dari kepadatan tulang yang menurun. Faktor penyebabnya sangat beragam yaitu kurangnya asupan kalsium ataupun faktor usia. Osteoporosis sangat rentan menyerang wanita yang memasuki usia menopause. Namun tidak menutup kemungkinan jika osteoporosis juga menyerang laki-laki dan wanita di usia yang masih muda. Salah satu cara untuk mencegah osteoporosis yaitu dengan memperhatikan asupan kalsium dan gerak aktif/olahraga.

Kombinasi antara kalsium dan vitamin D penting untuk diperhatikan. Asupan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D harus diseimbangkan sebab jika salah satunya kurang maka kepadatan tulang akan menurun. Disamping itu, aktivitas fisik atau olahraga juga sangat penting untuk mencegah osteoporosis.

Secara umum penyakit osteoporosis sangat susah untuk dikenali gejalanya. Bahkan pada kondisi yang lebih parah baru diketahui setelah terjadi patah tulang. Resiko osteoporosis bisa terjadi pada siapa saja yang memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat. Namun walaupun demikian, penyakit ini bisa dicegah dengan mudah.

Perlu Anda ketahui bahwa latihan fisik bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga menurunkan resiko penyakit osteoporosis. Jika dikelompokan, osteoporosis dibagi menjadi dua yaitu osteoporosis primer. Jenis ini sangat erat kaitannya dengan usia dan hormone pada wanita seiring dengan bertambahnya usia. Adapun osteoporosis sekunder yaitu erat kaitannya dengan kondisi dan gejala klinis.

Latihan fisik akan membuat densitas/kepadatan tulang meningkat sehingga terhindar dari keropos. Akan tetapi latihan fisik harus dilakukan dengan benar dan konsisten. Jenis latihan fisik yang disarankan yaitu berenang, bersepeda, jogging dan lari santai. Kombinasikan antara lari dan beberapa gerakan tubuh sehingga hal ini akan memberikan stimulus pada bagian tulang belakang.

Bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda, aktivitas tersebut secara tidak langsung akan membantu kekuatan otot untuk berkontraksi sehingga akan memberikan rangsangan pada tulang sehingga mengoptimalkan penyerapan nutrisi ke dalam tulang. Adapun untuk berenang akan melatih otot punggung dan otot atas sehingga akan membentuk massa otot yang akan menyokong kekuatan tulang.

Latihan fisik harus dilakukan secara teratur dan frekuensi yang konsisten sehingga akan menjaga kepadatan tulang dan membantu menguatkan otot. Akan tetapi hindari latihan fisik secara berlebihan sebab bisa memicu massa kepadatan tulang justru berkurang.

Bagi Anda yang dinyatakan mengalami gejala opsteoporosis, hindari melakukan aktivitas berat dan emngangkat beban sebab hal ini sangat beresiko. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan hindari makanan yang menjadi musuh tulang seperti soda ataupun kadar garam terlalu tinggi. Lakukan olahraga secara teratur dan perbanyak konsumsi makanan bergizi terutama susu. Minuman bersoda, kafein dan alkohol sebaiknya dihilangkan dari daftar kebiasaan Anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This