Langkah Sederhana Untuk Mencegah Stroke

Mencegah stroke. Seperti halnya penyakit jantung, stroke tergolong kategori penyakit berbahaya dan mematikan apabila tidak mendapatkan penanganan dengan baik. Gaya hidup yang tidak sehat menajdi salah satu penyebab utama timbulnya penyakit tersebut. Stroke merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pembuluh darah yang menuju ke otak mengalami kerusakan atau pecah. Kondisi tersebut mengakibatkan fungsi sistem otak terganggu.

Stroke bisa menyerang semua kalangan atau umur, baik litu remaja, dewasa maupun orangtua. Mengubah gaya hidup menjadi kunci utama untuk menghidari penyakit tersebut. Pada dasarnya jika Anda rutin berolahraga dan menjaga pola makan maka akan terhindar dari bahaya serangan stroke. Nah, berikut ini ada beberapa poin penting yang bisa Anda lakukan dalam upaya mencegah penyakit stroke.

  1. Berat Badan Ideal

Berat badan yang terlalu gemuk atau terlau kurus memang tidak baik untuk kesehatan. namun yang paling berbahaya adalah kelebihan berat badan atau obesitas karena berpotensi terhadap penyakit stroke. Hal ini karena penumpukan lemak akan menghambat sirkulasi darah sehingga kemungkinan ada beberapa pembuluh darah yang bisa pecah.

  1. Biasakan Olahraga

Sudah bukan menjadib rahasia lagi bahwa olahraga merupakan salah satu aktivitas sehat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Dengan rutin melakukan olahraga maka akan menyeimbangkan tekanan darah dan menyehatkan jantung. Nah, dengan begitu maka kinerja jantung akan lebih mudah sehingga resiko pecahnya pembuluh darah sangat rendah. Biasakan untuk berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Selain olahraga, makanan menjadi salah satu komponen penting untuk kesehatan tubuh. Supaya oterhindar dari resiko penyakit berbahaya maka perbanyaklah konsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin serta mineral. Salah satu contohnya yaitu jenis sayuran dan buah-buahan.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan merupakan salah satu langkah sehat. Asupan cairan yang terjaga akan menghilangkan racun dan lemak berlebih dari dalam tubuh sehingga Anda bisa memperoleh berat ideal. Dengan begitu maka Anda akan terhindar dari resiko stroke.

  1. Hindari Kebiasaan Buruk

Merokok, minuman alkohol dan makanan berlemak menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan terutama stroke. Nah, supaya Anda terhindar dari penyakit tersebut maka sebaiknya meninggalkan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Rokok dan minuman beralkohol bisa meningkatkan tekanan darah tinggi yang memicu stroke.

Langkah sederhana tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja kesadaran yang rendah seringkali banyak orang yang mengabaikan gaya hidup sehat tersebut. Penyakit stroke sangat menyukai orang yang memiliki kebiasaan buruk terutama jarang olahraga. Penumpukan lemak tubuh yang berlebihan akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat dan stroke mengancam kesehatan. Mulai sekarang lakukan pola hidup sehat dan jauhi kebiasaan buruk. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This