Langkah Mudah Menurunkan Demam Pada Anak

Demam bisa dialami oleh siapapun, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak. Terkadang sebagian orangtua merasa khawatir ketika mendapati kondisi suhu tubuh anak tiba-tiba naik. Kepanikan akan hal tersebut tak jarang membuat sebagian orang melakukan tindakan berlebihan sehingga memperparah kondisi anak. Perlu Anda ketahui bahwa demam bukanlah suatu penyakit dan tidak berbahaya apabila tidak menimbulkan dehidrasi ataupun kejang.

Anda sebaiknya tidak perlu panik ketika suhu tubuh anak tiba-tiba naik. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengetahui penyebabnya. Apabila sudah diketahui maka akan memudahkan Anda dalam melakukan penanganan. Pada umumnya demam akan turun dengan sendirinya apabila masuk dalam kategori demam biasa bukan sebagai indikasi adanya penyakit lain.

Menurunkan Demam Pada Anak

Cara Sederhana Untuk Menurunkan Demam Pada Anak

  • Menyesuaikan pakaian dan temperatur badan anak

Ketika anak demam sebaiknya Anda menyesuaikan pakaian anak supaya tidak terlalu minim ataupun berlebihan. Pakaian yang terlalu minim bisa menyebabkan anak kedinginan dan tidak akan menurunkan demam. Kenakan pakaian yang tertutup tapi longgar supaya suhu tubuh anak cepat turun. Selain itu, Anda jangan mengenakan pakaian yang terlalu tebal atau berlebihan pada anak karena bisa mengakibatkan suhu tubuh semakin meningkat dan bisa mengakibatkan dehidrasi.

  • Menjaga suhu tubuh anak agar tetap stabil

Sesuaikan suhu ruangan tempat tidur anak yang demam. Jangan terlalu panas atau terlalu dingin karena bisa memperparah kondisi tubuhnya. Apabila terlalu panas sebaiknya Anda membuka jendela atau menaruh kipas angin. Aliran udara tidak akan mengganggu anak, justru sebaliknya akan membantu menurunkan panas tubuh anak. Udara segar yang masuk ke dalam ruangan akan membuat suhu tubuh perlahan berkurang.

  • Berikan asupan cairan

Suhu tubuh yang tinggi tentunya membuat anak kehilangan banyak cairan sehingga beresiko mengakibatkan dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, berikan asupan cairan yang mencukupi seperti member minum air putih atau jus buah yang kaya vitamin. Selain untuk mencegah dehidrasi, cairan juga dibutuhkan untuk membantu menyeimbangkan kembali suhu tubuh yang meningkat.

  • Berikan asupan makanan bergizi

Meskipun terkadang anak yang sedang demam nafsu makannya berkurang, Anda harus memperhatikan asupan gizinya. Berikan makanan dengan pola mengemil dan minum sedikit demi sedikit. Pola makan seperti itu merupakan pola makan sehat bagi anak yang sedang sakit dan nafsu makan berkurang. Makanan berat biasanya tidak disukai anak dan sulit untuk dicerna ketika sakit. Cemilan yang dimaksud di sini adalah cemilan sehat dan bergizi. Asupan makanan sehat akan membantu menurunkan suhu tubuh yang meningkat ketika demam.

  • Mandi dengan air hangat

Suhu tubuh yang tinggi membuat anak merasa tidak nyaman. Suhu tubuh ketika demam bisa mencapai 40 derajat celcius. Untuk menurunkan suhu tersebut, Anda bisa memandikan atau menyuruh anak berendam menggunakan air hangat. Suhu air tersebut disesuaikan terlebih dahulu dan jangan terlalu panas. Biarkan anak Anda berendam selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya sebelum berendam, anak diberi obat penurun panas terlebih dahulu.

Nah, itulah sebagian cara sederhana dalam menurunkan suhu tubuh anak ketika demam yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Apabila demam tak kunjung sembuh dalam beberapa hari dan kondisi anak semakin memburuk maka sebaiknya segera bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penangan yang lebih baik untuk mengoptimalkan kondisi kesehatannya.

Related Posts

Share This