Langkah-langkah Membuat Bubur Sumsum Susu Untuk MPASI Bayi

Bubur sumsum susu merupakan salah satu makanan pendamping ASI yang cocok disajikan pada bayi. Bubur sumsum memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga memudahkan bayi untuk menelan dan mencerna makanan tersebut. Selain itu, penambahan susu menjadikan bubur tersebut sangat kaya akan nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil.

Susu mengandung kalsium dan magnesium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi si kecil. Disamping itu, kandungan nutrisi susu bisa menjadi penenang alami bagi bayi sehingga tidak rewel pada malam hari.

Pada awal-awal sebaiknya tekstur bubur sedikit encer sehingga bayi lebih mudah untuk melumatnya. Teksturnya bisa ditingkatkan seiring dengan kemampuan si kecil dalam beradaptasi dengan makanan tersebut. Bahan dasar untuk membuat bubur tersebut bisa menggunakan beras merah ataupun beras putih biasa.

Adapun resep dan cara membuat bubur sumsum yaitu sebagai berikut:

Bahan:

  • 50 gram tepung beras
  • 75 ml air
  • Susu formula
  • 1 sdt gula merah

Cara membuat:

  • Larutkan tepung beras dengan air yang telah dicampur dengan susu formula. Aduk sampai rata dan tercampur.
  • Panaskan diatas api sambil diaduk hingga mengental dan matang. Angkat dan diamkan.
  • Masak gula dengan air matang hingga benar-benar larut.
  • Siramkan air gula tersebut ke atas bubur.
  • Sajikan dengan segera pada bayi selagi hangat.

Nah, itulah resep dan langkah-langkah membuat bubur sumsum susu. Sangat mudah bukan? Untuk membuat bubur sumsum susu tidak membutuhkan bahan dan peralatan yang mahal. Cukup menggunakan bahan dan peralatan sederhana, yan terpenting berkualitas dan hasilnya optimal.

Jika bubur sumsum diberikan untuk bayi usia 6 bulan, sebaiknya Anda mengganti penggunaan gula merah dengan ASI. Hal ini untuk menghindari gangguan pencernaan dan kerusakan organ dalam. Perlu Anda ketahui bahwa organ dalam pada bayi belum bisa sepenuhnya berfungsi dengan baik. Maka dari itu penggunaan garam dan gula untuk sementara lebih baik dihindari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517