Langkah Efektif Untuk Mengatasi Dahak Pada Bayi

Tentunya Anda tidak akan tega ketika melihat si kecil bernapas tersengal-sengal akibat saluran pernapasan yang tersumbat oleh lendir. Dahak atau lendir yang menyumbat saluran pernapasan akan membuat bayi merasa tidak nyaman karena kesulitan untuk bernapas dan menelan makanan. Dahak biasanya menyangkut pada tenggorokan bayi. Anda sebaiknya tidak perlu panik dan segera mencarai cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Mengatasi Dahak Pada Bayi

Penyebab munculnya dahak yang menyumbat saluran pernapasan si kecil yaitu perubahan kondisi kesehatan seperti batuk berdahak yang diakibatkan oleh flu dan pilek. Tersumbatnya saluran pernapsan oleh dahak mengakibatkan si kecil tidak nyaman sehingga menjadi rewel dan tidak bisa tenang. Anda harus membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu si kecil dengan cara mengencerkannya terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mengeluarkan dahak tersebut.

Cara Untuk Mengencerkan Dahak Yang Menyumbat Saluran Pernapasan Si Kecil

  • Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengencerkan dahak yaitu dengan mengajak si kecil untuk berjemur. Setelah Anda memandikan si kecil pada pagi hari, sebaiknya bawa si kecil untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Biarkan si kecil terkena sinar matahari selama kurang lebih 10 menit supaya tubuhnya menjadi hangat.
  • Oleskan minyak telon atau balsem khusus bayi ke bagian dada agar tubuh bayi menjadi hangat. Suhu tubuh yang hangat akan membuat dahak perlahan encer sehingga mudah untuk dikeluarkan.
  • Apabila bayi Anda sudah berusia diatas 6 bulan, maka Anda bisa memberikan makanan atau minuman hangat.
  • Sediakan wadah yang berisi air hangat kemudian teteskan kayu putih dan letakkan disamping bayi sehingga udaranya terhirup oleh bayi.
  • Bagi bayi di atas 6 bulan, Anda bisa memberikan ramuan tradisional untuk mengencerkan dahak seperti kecap yang dicampur dengan madu dan air jeruk nipis.

Untuk Mengeluarkan Dahak Pada Bayi, Lakukan Cara-cara di Bawah Ini

  • Setelah melakukan pengenceran dahak, kini Anda bisa membantu mengeluarkan dahak si kecil. Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu dengan meletakkan si kecil dengan posisi tengkurap di pangkuan Anda. Kemudian angkat salah satu kaki Anda sehingga lebih tinggi dan posisi bayi miring dan bagian kepala lebih rendah.
  • Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut sehingga dahak yang encer akan perlahan keluar dari tenggorokan bayi.
  • Anda juga bisa menggunakan bantuan alat untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan si kecil. Namun Anda harus berhati-hati ketika menggunakan alat penyedot jangan sampai membuat si kecil terluka.
  • Apabila Anda menggunakan penyedot untuk mengeluarkan dahak si kecil, sebaiknya hindari menyedot dahak setelah bayi makan atau menyusu. Hal ini karena bisa menyebabkan bayi muntah dan memperparah keadaan.

Nah, itulah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan dalam membantu mengeluarkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan si kecil. Dahak yang tertelan setelah encer akan dikeluarkan melalui air seni ataupun feses bayi. Apabila dahak yang menyumbat tak kunjung hilang sebaiknya bawa si kecil ke dokter untuk mendapat penanganan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517