Langkah dan Cara Menjaga Kesehatan Hati

Jika menelisik fenomena saat ini nampaknya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan semakin hari semakin menurun. Dalam hal ini penting sekali untuk dilakukan penyuluhan dan kampanye akan pentingnya menjaga kesehatan. Dengan tubuh yang sehat maka kita bisa melakukan segala aktivitas secara maksimal. Salah satu organ tubuh bagian dalam yang perlu untuk diperhatikan dan dijaga kesehatannya yaitu hati. Seringkali banyak orang yang mengabaikan dan tidak mengetahui cara menjaga kesehatan hati.

Hati termasuk salah satu organ vital yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Namun seringkali banyak orang yang mengabaikan kesehatan organ yang satu ini. Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa hati memiliki fungsi untuk mengatasi dan menetraslisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Jika fungsinya terganggu maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh, bahkan berseiko sangat fatal.

Pada dasarnya kerusakan pada hati bisa dipicu oleh kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan mengkonsumsi minuman alkohol bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan hati dan menyebabkan masalah kesehatan seperti sirosis hati, kanker hati dan bahkan penyakit hepatitis. Maka dari itu untuk menghindari resiko yang sangat mengerikan tersebut sebaiknya mulailah menerapkan kebiasaan baik mulai dari saat ini.

Adapun Cara Menjaga Kesehatan Hati Yaitu Sebagai Berikut!

  • Mengkonsumsi Sayuran

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ hati yaitu dengan mengkonsumsi sayuran. Mengapa harus memperbanyak sayuran? Hal ini karena jenis makanan yang satu ini memiliki/mengandung bahan aktif yang bisa membantu proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Pada dasarnya zat antioksidan pada sayuran mampu mencegah masuknya radikal bebas yang bisa memicu kerusakan hati.

  • Mencukupi Asupan Mineral

Mineral tergolong salah satu komponen yang memiliki peran penting untuk kesehatan dan proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Nah, untuk mencukupi kebutuhan mineral tersebut salah satunya bisa Anda lakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, konsumsi juga makanan seperti buah-buahan dan sayuran. Jenis mineral yang penting untuk hati diantaranya yaitu magnesium, selenium, sodium, kalsium dan beberapan mineral penting lainnya.

  • Hindari Aktivitas Yang Membebani Hati

Hindari aktivitas dan gaya hidup yang bisa membebani hati. Hindari konsumsi obat-obatan tanpa resep dari medis dan hindari pula minuman beralkohol sebab bisa memicu kinerja hati semakin berat. Hal inilah awal yang menyebabkan kerusakan hati.

  • Pemijatan

Anda bisa melakukan terapi pemijatan sendiri dirumah dengan cara memposisikan tubuh terlentang kemudian mulailah untuk memijat bagian kantung empedu dan hati disepanjang tulang rusuk pada bagian sisi kanan tubuh. Hal ini bertujuan untuk membuat sirkulasi darah berjalan dengan baik menuju hati.

Nah, itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan sebagai upaya menjaga kesehatan dan mencegah kerusakan pada organ hati. Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Share This