Langkah dan Cara Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil

Menjalani proses kehamilan tanpa ada gangguan tentunya menjadi harapan bagi setiap ibu hamil. Akan tetapi hal tersebut kadang tidak sejalan sebab banyak faktor yang bisa menyebabkan berbagai gangguan pada ibu hamil. Salah satunya yaitu gangguan pencernaan yang sangat mengganggu. Dalam hal ini penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi diare pada ibu hamil sehingga tidak akan mengganggu tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Penyakit diare secara umum disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan. Diare tidak boleh dianggap sepele karena bisa mengakibatkan dehidrasi sehingga membahayakan kehamilan dan janin. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika terkena diare saat hamil yaitu menjaga asupan cairan tubuh.

Ibu hamil sebaiknya tidak terburu-buru mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasi diare sebab bisa mempengaruhi janin. Jika diare tak kunjung mereda setelah beberapa saat dan terjadi terus menerus maka segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang benar dan mencegah dampak buruk pada janin.

Jika diare terus menerus berlangsung maka sikhawatirkan ibu hamil akan kehilangan kalium sehingga hal ini beresiko terhadap gangguan sistem organ yang beresiko terjadinya kontraksi pada bagian otot dan terjadi relaksasi.

Diare dikelompokan menjadi dua bagian yaitu akut dan kronis. Penyebab dari diare kronis yaitu sindrom iritasi pada bagian usus. Kondisi tersebut bisa berlangsung cukup lama yaitu sekitar 1 bulan. Nah, sedangkan diare akut disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan kuman. Diare akut akan hilang dalam beberapa hari saja.

Nah, Berikut Ini Ada Beberapa Cara Aman Untuk Mengatasi Diare Waktu Hamil

  1. Buah Blueberry

Salah satu obat alami untuk mengatasi diare pada waktu hamil yaitu mengkonsumsi buah blueberry. Buah jenis ini memiliki banyak manfaat dan bersifat sebagai antibiotik karena mengandung tanin yang berfungsi mengatasi diare. Konsumsilah buah blueberry ketika menderita diare pada waktu hamil.

  1. Larutan Elektrolit

Larutan elektolit bisa mengatasi diare pada waktu hamil dengan aman dan tidak akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan dan juga kehamilan. Anda bisa membeli larutan elektrolit tersebut di apotik terdekat. Cukup dengan melarutkan ke dalam 1 gelas air kemudian minum. Manfaatnya tidak lain yaitu untuk menjaga/mengganti cairan tubuh.

  1. Teh Chamomile

Teh jenis ini mungkin sedikit terdengar asing bagi kita. Akan tetapi teh chamomile ini sangat ampuh dalam mengatasi diare ibu hamil. Konsumsilah secukupnya untuk meredakan diare dan meredakan peradangan pada bagian usus besar.

Nah, itulah cara sederhana untuk mengatasi diare pada ibu hamil. Selain itu, untuk meredakan diare tinggalkanlah jenis makanan yang menjadi faktor pemicu diare seperti makanan pedas dan asam. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517