Langkah dan Cara Mengatasi Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah rendah banyak diderita oleh sebagian besar orang. Namun pada dasarnya banyak yang menganggap bahwa tekanan darah rendah hanya mengakibatkan pusing saja. Hal ini memang bisa dikatakan seperti itu sebab tekanan darah rendah tidak memiliki resiko yang besar untuk kesehatan jika dibandingkan dengan tekanan darah tinggi. Akan tetapi meskipun begitu sebaiknya masalah kesehatan ini jangan diabaikan supaya tidak berakibat fatal. Anda harus mengetahui cara mengatasi tekanan darah rendah dengan benar untuk menghindari resiko yang lebih besar.

Secara sepintas mungkin tekanan darah rendah dianggap memiliki kesamaan dengan kurang darah. Akan tetapi sebenarnya hal ini tidaklah sama. Kurang darah merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan pasokan hemoglobin (sel darah merah) yang membawa nutrisi dan oksigen. Adapun penyebabnya yaitu gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya asupan nutrisi.

Sedangkan kuntuk tekanan darah rendah yaitu suatu kondisi dimana tekanan darah terlalu rendah yaitu dibawah tekanan normal. Gejala yang ditimbulkan yaitu mual, pusing, sesak nafas, jantung berdebar dan lemas. Jika tekanan darah semakin rendah maka hal ini akan menyebabkan pasokan darah menuju ke otak berkurang yang bisa menyebabkan jiwa.

Bagaimana Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah?

Dalam mengatasi tekanan darah rendah tentunya kita harus menyesuaikan dengan faktor penyebabnya. Adapun untuk mengatasi dan menangani tekanan darah rendah yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari Alkohol

Alkohol memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Jika terus meneur dikomsumsi maka bisa menyebabkan dehidrasi yang berakibat terhadap tekanan darah rendah. Maka dari itu untuk menghindari dan mengatasi tekanan darah rendah sebaiknya Anda menghindari kebiasaan konsumsi alkohol dan menggantinya dengan minuman sehat seperti air putih dan jus buah. Cara ini dinilai lebih efektif untuk menghidrasi tubuh sehingga pasokan darah dan oksigen akan stabil.

  1. Mengkonsumsi Daging dan Hati Ayam

Kandungan protein hewani pada daging dan hati ayam berguna untuk meningkatkan tekanan darah rendah. Tubuh memerlukan protein sebagai zat pembangun sel yaitu termasuk sel darah/pembuluh darah.

  1. Konsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah dan buncis sangat baik untuk mengatasi darah rendah. Secara tidak langsung kacang-kacangan lebih mudah untuk dicerna sehingga akan membuat tekanan darah kembali normal.

  1. Kopi

Mungkin sebagian dari Anda tidak percaya jika kopi bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Mengkonsumsi kopi murni di pagi hari sangat efektif untuk mengembalikan tekanan darah menjadi normal kembali. Pilihlah kopi murni dan dengan porsi yang sesuai. Namun hindari mengkonsumsi dalam jangkan panjang karena tidak baik untuk kesehatan Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517