Langkah dan Cara Mencegah Osteoporosis Di Usia Muda

Osteoporosis sangat identik dengan wanita yang mengalami menopause. Resiko penyakit tulang yang satu ini memang rentan menyerang kaum wanita dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini karena proses menstruasi menyebabkan hormone estrogen akan berkurang dan menurun. Padahal fungsi hormone estrogen adalah untuk mengikat tulang atau berperan dalam menjaga kepadatan tulang. Oleh karena itu cara mencegah osteoporosis penting untuk diketahui sejak dini.

Penyakit osteoporosis memang identik dengan wanita yang mulai menginajk menopause. Kan tetapi penyakit tulang ini ternyata bisa terjadi di usia muda yaitu sebelum menginjak 30 tahun. Bahkan osteoporosis bisa terjadi pada usia 20 tahun. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab penyakit tulang yang satu ini yaitu salah satunya kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat.

Ada beberapa jenis osteoporosis, salah satunya yaitu osteoporosis postmenopausal yang diakibatkan oleh kekurangan hormone estrogen sehingga menyebabkan kepadatan tulang akan berkurang. Biasanya kondisi ini dialami oleh wanita menginjak usia 40 – 70 tahun. Sedangkan osteoporosis sinilis terjadi karena kekurangan kalsium dan terjadi di usia 70.

Jenis lain yaitu osteoporosis sekunder yang terjadi akibat dari kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat. Dan yang terakhir yaitu osteoporosis juvenile idiopatik yang belum diketahui penyebabnya dan terjadi pada usia dibawah 20 tahun. Sebenarnya osteoporosis bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mencukupi kebutuhan kalsium tulang.

Berikut Langkah dan Cara Mencegah Osteoporosis Di Usia Muda

Asupan Nutrisi Yang Benar

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis yaitu dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang terkait dengan kebutuhan tulang seperti kalsium dan vitamin D. Perbanyak makanan yang mengandung nutrisi tersebut seperti susu, tahu, temped an jenis kacang-kacangan. Dengan mencukupi semua kebutuhan nutrisi maka resiko osteoporosis bisa dicegah.

Mengurangi Faktor Resiko

Bagi Anda yang memiliki tubuh terlalu kurus sebaiknya berhati-hati dan waspada sebab berpotensi osteoporosis. Hal ini karena ketika tubuh terlalu kurus bisa menyebabkan tulang tidak giat untuk membentuk sel sehingga kepadatan dan massa tulang akan cepat berkurang dan tidak sempurna. Maka dari itu, jagalah kesehatan dan berat badan ideal untuk menghindari resiko penyakit osteoporosis.

Mengubah Gaya Hidup

Kabiasaan dan gaya hidup sehat akan menekan resiko osteoporosis. Hindari kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda karena bisa menghambat penyerapan kalsium ke dalam tulang. Minuman yang mengandung kafein dan alkohol juga harus dijauhi jika ingin terhindar dari osteoporosis. Dan bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, mulailah untuk berhenti jika ingin memiliki tulang kuat dan sehat.

Olahraga

Jarang berolahraga akan menurunkan massa tulang sehingga beresiko osteoporosis. Maka dari itu, biasakan untuk berolahraga secara rutin dan teratur untuk menjaga massa dan kesehatan tulang. Perilaku hidup sehat akan berdampak positif terhadap tulang yang sehat. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517