Langkah Cara Menambah Berat Badan Janin Dalam Kandungan

Memiliki bayi yang terlahir montok dengan berat badan ideal tentunya menjadi dambaan setiap ibu hamil. Namun terkadang dalam hal ini banyak yang tidak mengetahui cara menambah berat badan janin dalam kandungan. Pada dasarnya untuk menambah berat badan janin ketika masih dalam kandungan bisa dilakukan dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan rutin memeriksakan kandungan.

Kekurangan gizi selama hamil akan berakibat fatal terhadap perkembangan janin. Status gizi menjadi faktor penting yang menentukan kesehatan dan bobot tubuh bayi setelah dilahirkan. Pada kasus yang lebih serius, kekurangan gizi bisa menyebabkan cacat pada janin, penyakit berbahaya dan bahkan menyebabkan keguguran.

Solusi untuk menambah berat badan janin sejak dalam kandungan bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mencukupi kebutuhan protein

Salah satu makanan untuk menambah berat badan janin yaitu jenis makanan yang mengandung protein. Konsumsilah makanan seperti ayam dan daging sapi tanpa lemak.

  • Sayur dan buah

Jenis makanan untuk menambah berat badan bayi yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan tersebut selama hamil guna menunjang kebutuhan nutrisi dan menambah bobot tubuh janin.

  • Konsumsi ikan laut

Ikan tuna, tenggiri dan salmon merupakan jenis ikan terbaik bagi ibu hamil dalam upaya untuk meningkatkan berat badan bayi di dalam kandungan. Ikan jenis ini sangat kaya akan kandungan nutrisi seperti omega-3.

  • Hindari minuman bersoda dan alkohol

Dalam upaya untuk meningkatkan berat badan janin sejak dalam kandungan, upayakan untuk menghindari minuman bersoda dan alkohol. Sebab jenis minuman tersebut akan menghambat penyerapan nutrisi sehingga mengakibatkan janin di dalam kandungan kekurangan gizi.

  • Perbanyak konsumsi air dan rutin olahraga

Ibu hamil sebaiknya rutin untuk melakukan olahraga ringan sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, biasakan untuk rutin mengkonsumsi air putih. Kebiasaan sehat tersebut dinilai cukup efektif dalam meningkatkan berat badan janin di dalam kandungan.

  • Hindari kebiasaan buruk

Sangat tidak disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Hal ini karena bisa membahayakan kesehatan janin dan beresiko menyebabkan kelebihan berat badan. Sebab dalam hal ini untuk menambah berat badan janin diperlukan asupan makanan yang mengandung lemak baik seperti omega-3.

  • Berkonsultasi dengan dokter

Dalam memantau perkembangan janin, biasakan untuk rutin memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter. Dengan begitu maka akan terpantau perkembangan setiap minggunya sehingga lebih mudah untuk menjaga berat badan yang diinginkan pada janin.

Nah, demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan berat badan janin sejak dalam kandungan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This