Langkah Aman Mengajarkan Bayi Berenang

Bayi berenang merupakan salah satu aktivitas yang paling banyak di sukai oleh anak-anak, latihan air ini juga sangat bermanfaat guna menjaga kesehatan tubuh si kecil. Namun sampai saat ini, banyak diantaranya orangtua yang masih bertanya-tanya ketika mereka akan mengajarkan bayi berenang, kapan waktu yang tepat guna mengajarkan si kecil berenang.

Nah, penting untuk Anda ketahui, bahwa pada usia bayi mereka sudah memiliki kemampuan berenang. Dan hal ini erat hubungannya dengan kemampuan si ekcil ketika berada di dalam kandungan yang memang sudah terbiasa dengan air ketuban. Dan sebenarnya, ketika usia si kecil memasuki usia 4 bulan, bayi sudah memiliki kemampuan reflex untuk menyelam, sehingga Anda bisa kapan saja mengajarkan anak bayi berenang.

Namun, sebelum Anda mengajarkan renang bayi kepada si kecil, sebaiknya Anda mengetahui beberapa tips penting dalam mengajarkan anak berenang. Dan berikut ini beberapa cara mengajarkan si kecil untuk berenang, yaitu sebagai berikut:

  1. Pilihan kolam berenang

Beda halnya ketika Anda mengajarkan berenang pada anak yang memang sudah tumbuh besar, ketika Anda mengajarkan bayi berenang, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu memilih kolam renang yang bisa memberikan kenyamanan serta keamanan bagi si kecil.

  1. Perhatikan kondisi kesehatan anda dan bayi

Dalam memberikan rasa nyaman terhadap si kecil ketika melakukan berenang, maka sebaiknya Anda bisa memastikan kondisi kesehatan Anda juga kesehatan si kecil. Jika si kecil mengalami persoalan kembung atau bahkan gangguan terhadap sistem pencernaannya, maka sebaiknya Anda dan si kecil tidak melakukan aktivitas ini.

  1. Selama berenang berikan rasa aman

Perlu Anda ketahui, bahwa bayi memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan orang tua mereka, maka ketika mereka melakukan aktivitas berenang, sebaiknya Anda mengajarkan si ekcil dengan cara tetap menjaga kontak mata dengannya, bahkan Anda bisa memberikan senyuman tulus serta dorongan untuk si kecil belajar berenang.

  1. Perkenalkan kolam berenang pada bayi

Salah satu cara terbaik dalam memperkenalkan kolam renang kepada si kecil yaitu dengan cara meletakkan si kecil di bagian tepi kolam, setelah itu Anda bisa melatih sedikit demi sedikit agar si kecil tidak merasa kaget. Caranya yaitu, Anda bisa duduk di tepian kolam, setelah itu masukkan bayi kedalam kolam setengah badan, setelah itu mengangkatnya.

  1. Tunjukan keberanian anda saat berenang

Ketika Anda dan si kecil belajar untuk berenang, maka Anda bisa menunjukkan rasa keberanian Anda kepadanya. Tunjukkan kepada si kecil kalau berenang merupakan satu kegiatan yang cukup membahagiakan bukan membosankan. Anda bisa meletakan mulut Anda di bagian bawah air, setelah itu tunjukkan kepada si kecil bagaimana caranya meniup gelembung. Dan ini merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting bagi bayi Anda.

Related Posts

Share This