Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menyusui Bayi Di Tempat Umum

Bayi tidak akan mengenal waktu atau tempat ketika meminta untuk disusui. Kapanpun dan dimanapun Anda harus siap ketika si kecil menangis karena lapar dan meminta di susui. Namun yang menjadi masalahnya tidak semua wanita merasa nyaman ketika harus menyusui bayi di tempat umum. Mungkin sebagian dari Anda akan merasa malu dan tidak nyaman ketika harus menyusui si kecil secara langsung di tempat umum.

Menyusui Bayi Di Tempat Umum

Apabila Anda mengetahui cara dan strategi yang tepat, mungkin hal tersebut tidak akan menjadi beban. Menyusui di rumah ataupun di tempat umum akan terasa menyenangkan jika hal tersebut dilakukan dengan cara yang tepat.

Berikut Ini Tips Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Tetap Memberikan Asi Di Tempat Umum

  1. Pilihlah pakaian yang nyaman

Langkah sederhana yang harus Anda perhatikan yaitu memilih pakaian yang nyaman untuk ibu menyusui. Pakaian yang nyaman adalah salah satu kunci sukses menyusui di tempat umum. Anda sebaiknya memilih pakaian yang longgar dan memiliki kancing pada bagian depan seperti kemeja. Pada waktu menyusui, Anda hanya membuka kancing pada bagian depan sehingga bagian tubuh dan payudara tidak akan kelihatan oleh orang lain.

  1. Gunakan bra khusus menyusui

Untuk memudahkan Anda ketika menyusui bayi di tempat umum, gunakanlah bra khusus untuk menyusui sehingga cup dari bra tersebut bisa dilepaskan oleh satu tangan. Ada banyak pilihan bra yang di desain khusus untuk ibu menyusui. Andabisa memilih desain bra yang akan memberikan kemudahan ketika menyusui di tempat umum.

  1. Perhatikan posisi bayi

Apabila Anda menyusui bayi dengan menggunakan penutup, maka pastikan bayi dalam posisi yang nyaman. Jangan sampai bayi Anda kehabisan udara akibat tertutupi. Perhatikan keamanan dan kenyamanan bayi ketika memutuskan untuk menyusui dengan menggunakanpenutup. Sebaiknya Anda menggunakan sweater atau cardigan yang menyediakan ruang agar udara tetap masuk.

  1. Manfaatkan ruangan atau tempat khusus

Tempat umum seperti pusat perbelanjaan biasanya menyediakan tempat khusus untuk wanita menyusui. Anda bisa menggunakan ruangan tersebut untuk menyusui bayi dengan tenang dan nyaman. Persiapkanlah kain untuk mengelap ASI ketika berceceran pada baju. Biasanya ASI akan terus mengalir derasa ketika bayi melepasakan mulutnya dari payudara. Maka dari itu Anda harus mempersiapkan selembar kain supaya air susu tidak tumpah ke baju.

  1. Menyesuaikan tempat dengan cara menyusui

Anda harus mengetahui aturan untuk menyusui ketika berada di tempat umum. Ketika Anda berada di restoran sebaiknya tidak menyusui bayi di meja makan atau di tengah kerumunan orang banyak. Pilihlah tempat di bagian sudut atau di dekat dinding restoran. Selain itu, ketika Anda sedang berada di tempat perbelanjaan seperti mall, carilah tempat duduk atau sudut mall yang tidak dilalui oleh orang banyak yang bisa mengganggu kenyamanan Anda ketika memberikan ASI pada bayi.

Menyusui di tempat umum bukan perkara yang sulit apabila Anda mengetahui cara yang tepat sehingga membuat Anda tetap merasa nyaman untuk memberikan ASI. Sebelum memutuskan pergi ke suatu tempat sebaiknya Anda melakukan persiapan sehingga tidak akan kerepotan ketika harus menyusui si kecil. Menyusui bayi di tempat umum bukan hal yang dilarang karena merupakan kondisi yang natural dalam mendukung tumbuh kembang si kecil melalui pemberian ASI. Hal yang harus Anda perhatikan yaitu etika dan tata cara dalam menyusui bayi di tempat umum.

Related Posts

Share This