Ladies, Sering Nyeri Payudara? Yuk Kenali Penyebabnya

Ladies, apakah Anda sering merasakan nyeri di bagian payudara? Rasa sakit yang kerap kali muncul di sekitar payudara memang sakan sangat mengganggu, namun hal tersebut nyatanya umum dialami oleh sebagian besar wanita dan tidak berbahaya.

Nah, di bawah ini ada lima alasan umum yang memang normal dialami oleh hampir sebagian besar wanita, yang menjadi penyebab utama rasa nyeri di bagian payudara, seperti yang dilansir dari health.kompas.com, yaitu sebagai berikut:

  1. Pre Menstrual Syndrome

Penyebab umum dari rasa nyeri di bagian payudara yang sering Anda rasakan yaitu perubahan hormon dalam tubuh yang memang kerap kali muncul ketika Anda akan menstrusai.

“Ini adalah respon normal dari tubuh untuk perubahan estrogen, biasanya muncul pembengkakan dan nyeri pada hari sebelum periode menstruasi dimulai dan hari pertama menstruasi,” ungkap Taraneh Shirazian, M.D., seorang asisten profesor  di bidang ahli ilmu kandungan serta reproduksi yang berasal dari Icahn School of Medicine at Mount Sinai, New York.

Perasaan sakit yang di rasakan di bagian payudara ini juga disbeut dengan rasa nyeri ketika siklus. Hal ini dikarenakan erat hubungannya dengan siklus atau waktu menstruasi. Dan kabar baiknya yaitu, rasa sakit di bagian payudara ini akan hilang dengan sendirinya ketika periode menstruasi selesai.

  1. Bra yang tidak sesuai ukuran payudara

Apakah Anda sering menggunakan bra yang memiliki ukuran jauh lebih kecil daripada ukuran payudara Anda? Atau penggunaan bra yang ketat dengan tujuan agar bagian payudara Anda terlihat lebih seksi? Anda harus lebih hati-hati, karena penggunaan bra dengan ukuran yang tidak tepat bisa menyebabkan masalah yang lebih serius terhadap dada Anda.

Ketika ukuran bra Anda lebih kecil dan Anda menggunakan bra terlalu kencang, maka bagian kawat yang menempel pada bra akan memberikan tekanan terhadap payudara Anda seharian. Dan ini pastinya bisa menyebabkan bagian payudara Anda terasa nyeri. Sama halnya ketika ukuran bra Anda terlalu besar, maka ketika Anda melakukan gerakan naik turun seperti berjongkok kemudian berdiri, bisa membuat bagian payudara terasa sakit.

  1. Tidak menggunakan bra yang baik ketika melakukan olahraga

Penting untuk Anda menggunakan bra dengan ukuran yang tepat ketika hendak berolahraga, terutama bagi Anda yang memiliki ukuran payudara besar. Hal ini bertujuan guna menghindari payudara naik turun, serta menjaga kesehatan jaringan payudara Anda.

Bukan hanya itu, bahkan sebuah study menemukan, bahwa 1 dari 3 para pelari marathon menyebutkan bahwa mereka merasakan nyeri di bagian payudara. Guna menghindari hal tersbeut, maka Anda dianjurkan untuk memilih dan menggunakan bra yang di rancang khusus untuk olahraga, yang memang bisa menyangga payudara Anda dengan sangat baik ketika Anda tengah berolahraga.

  1. Ada benjolan di bagian payudara Anda

Ketika Anda merasa ada sedikit atau banyak benjolan yang berada di sekitar payudara Anda, maka kemungkinan besar hal ini masih ada hubungannya dengan masa menstruasi Anda. Akan tetapi, menurut para ahli dari National Breast Cancer Foundation, munculnya benjolan yang terdapat di sekitar payudara ini berisikan cairan, dan belum berarti kalau hal tersbeut merupakan kanker payudara. Dan mungkin saja hal tersebut bisa membuat diri Anda lebih sensitif terhadap hormon yang berubah.

  1. Terlalu banyak asupan kafein

Walaupun kopi juga teh tidak secara langsung bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian payudara, namun ada beberapa diantaranya study yang menyebutkan dengan mengurangi atau bahkan menghindari asupan kafein yang berlebih maka mampu mengurangi rasa nyeri yang mungkin saja Anda rasakan kurang nyaman.

Dan jika Anda merasa adanya benjolan di sekitar payudara Anda, dan ketika itu Anda sudah terbiasa mengkonsumsi kafein lebih dari satu cangkir dalam satu hari, maka Anda bisa mengkonsultasikan hal tersbeut kepada dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517