Kubis, Jenis Sayuran Sederhana Dengan Segudang Manfaat

Kubis atau lebih dikenal dengan sebutan kol adalah salah satu jenis sayuran yang umumnya sering kita gunakan sebagai bahan untuk membuat salad, syaur sop, siomay dan masih banyak lagi. Bukan hanya rasanya yang khas, namun ternyata kubis ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangatlah tinggi, seperti kandungan vitamin A, B kompleks, zat besi, kalium, asam folat serta masih banyak lagi beberapa kandungan lainnya yang memang dimiliki oleh kubis ini.

Nah, beberapa kandungan yang dimiliki oleh kubis ini menjadikan jenis sayuran tersebut cukup popular di dalam dunia kesehatan, hal ini dikarenakan manfaat dari kubis yang sangat luar biasa, terutama untuk menjaga kesehatan serta mengatasi berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja.
Jika seperti itu, apa saja manfaat kubis yang segudang itu? Berikut jawabannya:

1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Kubis sendiri sangat kaya akan kandungan zat besi, dan zat besi ini merupakan salah satu komponen yang mana mampu membuat proses dalam pembentukan sel darah menjadi produktif, sehingga mampu menghindari Anda dari yang namanya anemia. Jika Anda mengkonsumsi sayuran kubis ini, maka Anda bisa menyertainya dengan mengkonsumsi jus atau minuman jeruk, karena jeruk juga memiliki manfaat yang baik untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi yang terkandung di dalam kubis.

2. Mencegah Kanker

Bukan hanya zat besi, kubis sendiri juga memiliki kandungan glucosinolates, yakni kandungan zat anti kanker. Oleh karena itu, kubis sangat bermanfaat untuk memerangi sejumlah sel kanker yang ada di dalam tubuh. Ketika itu, kandungan zat tersebut akan merangsang sistem enzim guna menahan laju pertumbuhan sel kanker. Dan ternyata hal ini juga sudah berhasil di buktikan melalui sebuah study yang memang telah di langsungkan di Negara Cina.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Kubis juga sangat kaya akan kandungan kalium. Dan kalium sendiri adalah salah satu jenis mineral yang sangat baik untuk mengurangi atau bahkan mengatasi gejala hipertensi. Karena kandungan kalium yang sangat tinggiyang dimiliki kubis, menjadikannya sebagai salah satu jenis makanan yang memang di sarankan untuk di konsumsi para penderita hipertensi.

4. Menjaga Kesehatan Fungsi Otak

Kubis juga memiliki kandungan vitamin K serta antosianin, yang mana mampu membantu kesehatan mental juga menjaga konsentrasi otak Anda. Kandungan nutrisi ini juga mampu membantu Anda dalam mencegah terjadinya kerusakan syaraf, mencegah penyakit Alzheimer, juga mencegah dimensia.

5. Sebagai Anti-Inflamasi

Kubis sendiri memiliki kandungan zat anti-inflamasi, serta merupakan salah satu sumber utama dari kandungan glutamin. Yang mana glutamin adalah sejenis agen anti-inflamasi yang sangatlah kuat, sehingga dengan Anda mengkosnusmi kubis mampu mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh, seperti demam, peradangan dan masih banyak lagi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517