Kualitas Makanan Dapat Mempengaruhi Kualitas Tidur Yang Baik

Makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kinerja seluruh organ tubuh. Jika asupan makanan memiliki kualitas yang baik dengan kandungan gizi seimbang maka hal ini akan memberikan pengaruh positif bagi tubuh. Tahukah Anda jika kualitas makanan yang Anda konsumsi sehari-hari akan mempengaruhi kualitas tidur yang baik?

Menjaga asupan makanan bergizi tidak saja untuk medapatkan kualitas tidur yang baik. Akan tetapi mengkonsumsi makanan bergizi menjadi suatu keharusan dalam mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan konsumsi makanan yang berkualitas maka akan menjaga kualitas hidup Anda. Disamping itu, beberapa jenis makanan akan memberikan pengaruh terhadap kualitas tidur Anda setiap malam.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena bisa menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk dan adapula jenis makanan yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang. Lalu apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa mempengaruhi kualitas tidur?

Berikut Ini Trik Untuk Mendapatkan Kualitas Tidur Baik Dengan Menghindari Beberapa Jenis Makanan Tertentu!

  1. Hindari Minuman Beralkohol

Jika dilihat secara sepintas, alkohol memang akan membuat seseorang lebih mudah untuk tertidur. Namun tahukah Anda, orang yang mengkonsumsi alkohol cenderung akan lebih sering terbangun secara mendadak. Selain itu, keluhan yang akan dialami yaitu sakit kepala, berkeringat dingin di malam hari serta mimpi buruk. Nah, hal ini tentunya akan membuat kualitas tidur orang yang sering mengkonsumsi alkohol menjadi buruk. Bahkan mereka kerap kali mengigau tak jelas seusai mengkonsumsi minuman tersebut.

  1. Jauhi Makanan Yang Mengandung Lemak Tinggi

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumi makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti gorengan, junkfood atau sejenisnya, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini karena jenis makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan akan menyebabkan Anda mengalami gangguan tidur. Kebiasaan ini cenderung akan menurunkan kualitas tidur.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Asam Amino Triptofan

Tahukah Anda jika asam amino triftofan adalah salah satu nutrisi yang bisa membantu tubuh Anda untuk mendapatkan tidur lebih cepat. Maka dari itu perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung asam amino triptofan untuk meningkatkan kualitas tidur lebih baik. Jenis makanan yang mengandung nutrisi tersebut diantaranya yaitu susu, madu dan buah pisang.

  1. Jangan Mengkonsumsi Air Putih Berlebihan

Sebelum tidur usahakan untuk tidak minum terlalu banyak karena hal ini bisa mengakibatkan perut kembung dan bahkan sering pipis. Nah, hal inilah yang akan menjadi penyebab kualitas tidur Anda menjadi buruk.

  1. Jangan Makan Besar Sebelum Tidur

Perut yang masih penuh dengan makanan anak membuat Anda merasa tidak nyaman ketika harus berbaring untuk tidur. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik maka hindari kebiasaan makan 4 jam sebelum tidur.

  1. Hindari Kafein

Secangkir kopi memang sangat ampuh untuk mengatasi kantuk. Namun jika Anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik maka sebaiknya hindari konsumsi kopi terlalu berlebihan atau mendekati waktu tidur. Kaein pada kopi bisa menurunkan kualitas tidur Anda dan bahkan membuat Anda susah tidur.

Related Posts

Share This