Kriteria Khusus Dalam Memilih Pakaian Ibu Hamil

Seiring dengan banyaknya perubahan, ada berbagai macam hal yang harus dipersiapkan oleh ibu hamil. Salah satu perubahan yang terjadi yaitu perubahan fisik atau bentuk tubuh. Banyak hal yang harus disesuaikan seperti pola makan dan pola pakaian yang digunakan. Tidak dipungkiri bahwa pakaian yang sering digunakan sehari-hari tidak bisa digunakan sepenuhnya pada waktu hamil. Adanya janin di dalam kandungan mengharuskan ibu hamil untuk memilih pakaian dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya.

Memilih Pakaian Ibu Hamil

Diperlukan kiat khusus dalam memilih pakaian selama hamil untuk menunjang kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.  Hal mendasar yang harus diperhatikan dalam memilih pakaian pada waktu hamil adalah kenyamanan. Adapun modelnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing dan yang penting tidak melupakan faktor kenyamanan selama digunakan.

Pada waktu hamil tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan pakaian terusan panjang seperti ibu hamil pada umumnya. Pilihlah baju sesuai dengan model yang Anda inginkan dengan catatan nyaman ketika digunakan dan tidak terlalu ketat. Pilihlah baju dengan bahan alami seperti katun. Seperti yang kita ketahui katun adalah salah satu bahan yang bisa menjaga suhu tubuh dan menyerap keringat.

Gunakanlah pakaian yang longgar dan tidak ketat. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena bisa memberikan tekanan pada janin sehingga membahayakan keselamatannya. Belilah pakaian yang terasa nyaman saat dikenakan dan memiliki kualitas bahan yang bagus. Pilihan baju pada waktu hamil mungkin tidak akan sevariatif biasanya karena hal tersebut tidak terlalu penting.

Memilih baju usia kehamilan 1 – 3 bulan

Usia kehamilan 1 – 3 bulan belum menunjukan bentuk perut yang terlalu besar sehingga Anda masih bisa menggunakan celana jeans ketika bepergian. Namun bahan jeans tersebut harus lembut supaya bagian perut tidak lecet. Kemudian untuk pakaian bagian atas Anda bisa menggunakan pakaian yang longgar sehingga nyaman ketika digunakan dalam cuaca yang sedikit panas.

Usia kehamilan 4 – 6 bulan

Memasuki trimester kedua, kondisi perut akan semakin membesar sehingga sangat dosarankan untuk memilih pakaian dengan ukuran yang sedikit lebih longgar dan hindari pakaian yang terlalu ketat. Anda bisa menggunakan jeans atau legging khusus untuk ibu hamil yang dipadukan dengan atasan berupa blus atau kaos yang sedikit longgar. Dress adalah salah satu pilihan tepat yang bisa Anda gunakan ketika usia kehamilan sudah menginjak trimester kedua. Dress lebih efektif daripada celana karena tidak akan memberikan tekanan terhadap kandungan.

Usia kehamilan trimester ketiga

Kondisi perut akan semakin membesarketika memasuki trimester ketiga. Pada periode ini sebaiknya Anda menghindari celana jeans atau legging. Pilihlah pakaian yang longgar seperti dress atau gaun yangmemungkinkan Anda untuk bergerak bebas dan memberi ruang pada perut sehingga tidak memberikan tekanan.

Nah, itulah kiat khusus dalam memilih pakaian pada waktu hamil. Aspek kenyamanan adalah syarat utama yang harus Anda perhatikan dalam memilih pakaian pada waktu hamil. Tampil modis boleh saja selama tidak mengganggu kenyamanan Anda dalm bergerak dan tidak membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517