Korset Ibu Hamil, Apakah Aman Untuk Janin?

Korset ibu hamil. Ketika Anda mengandung, pastinya Anda akan mengalami perubahan hormon, dan perubahan hormon yang terjadi cenderung fluktuatif, alhasil mereka kerap kali mengalami mood swing yang berlebihan, terutama jika berkaitan dengan masalah penampilan. Namanya juga perempuan, patsinya kita selalu ingin tampil menarik, bukan? Walaupun keadaan perut yang semakin hari semakin membesar.

Adanya kebutuhan para perempuan agar bisa tampil tetap menawan di masa kehamilan, akhirnya menginspirasi Sara Blakely, seorang perancang yang berasal dari brand khusus pakaian dalam perempuan, Spanx, guna menciptakan korset hamil yang di peruntukkan bagi ibu hamil. Dan akhirnya korset jenis ini telah resmi dirilis di Inggris. Bahkan telah diikuti oleh beberapa brand lainnya.

Yang jadi pertanyaan, dari mana sih munculnya kebutuhan akan korset jenis ini? Dan apakah korset jenis ini aman di gunakan oleh ibu hamil? Apakah tidak akan berdampak buruk pada perkembangan janin dalam kandungan?

Jika berbicara mengenai keamanan korset untuk ibu hamil, ternyata hal ini masih menjadi bahan perdebatan banyak pihak. Namun, Sarah yang menciptkana korset ini berdalih, bahwa alasan utama ia menciptakan korset ini bertujuan agar ibu hamil merasa nyaman dengan penampilan mereka dnegan keadaan perut yang besar.

Memang benar, korset di ciptakan agar keadaan tubuh terlihat lebih ramping. Namun sebaiknya, ketika Anda akan menggunakan korset, lebih-lebih ketika Anda hamil, maka sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Dan faktanya, salah seorang dokter kandungan yang bernama dr. Tanti Retnowati menjelaskan, bahwa penggunaan korset hamil sangat tidak di anjurkan digunakan oleh ibu hamil.

“Bila harus memakai korset penyangga tulang belakang, maka sebaiknya di konsultasikan terlebih dahulu pada dokter OBSGYN anda,” ungkap dr. Tanti.

Hal ini dikarenakan, walaupun korset ibu hamil tengah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat, namun penggunaan korset pada ibu hamil justru bisa menjadi salah satu hal yang berbahaya untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Selain dikarenakan keadaan janin yang akan terhimpit, aliran darah ibu hamil juga bisa menjadi tidak lancar hanya karena penggunaan korset ini.

Umumnya, korset yang bertujuan untuk penyangga tulang belakang hanya bisa di gunakan kembali ketika Anda telah berhasil melewati masa persalinan, dan untuk sementara waktu, sebaiknya tidak di gunakan ketika Anda hamil. Karena bisa memberikan pengaruh buruk terhadap janin yang ada di dalam kandungan.

Dibandingkan harus menggunakan korset, dr. Tanti lebih menyarankan agar ibu hamil menggunakan bra yang tepat. Jika memang di perlukan, ibu hamil bisa mengganti ukuran bra yang memang telah disesuaikan dengan perkembangan payudara selama masa kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517