Konsumsi Makanan Ini Untuk Ibu Hamil 6 Bulan!

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, perubahan fisik pada ibu hamil semakin jelas terlihat. Perkembagan janin di dalam kandungan semakin terlihat dari kondisi perut ibu hamil yang semakin membesar. Menurut ahli kesehatan bahwa pada usia 6 bulan, perkembangan otak bayi sudah semakin baik. Disamping itu perkembangan organ-organ tubuh janin sudah semakin sempurna. Maka dari itu, disarankan bagi ibu hamil 6 bulan untuk mengkonsumsi makanan bergizi untuk menunjang proses tersebut.

Lalu apa saja jenis makanan untuk ibu hamil 6 bulan? Berikut beberapa jenisĀ  makanan untuk ibu hamil 6 bulan!

  1. Ikan salmon

Makanan ibu hamil 6 bulan yang pertama yaitu ikan salmon. Jenis ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3, DHA dan EPA. Nutrisi tersebut berguna untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan janin. Selain itu, ikan salmon termasuk jenis ikan yang rendah merkuri sehingga aman bagi ibu hamil dan janin.

  1. Telur

Telur mengandung vitamin, protein dan mineral penting untuk ibu hamil dan janin. Selain itu, kandungan kolin pada telur sangat berguna untuk menkunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi telur dalam keadaan matang. Hindari telur setengah matang atau mentah karena sangat beresiko terhadap infeksi bakteri.

  1. Daging tanpa lemak

Makanan ibu hamil 6 bulan yang selanjutnya yaitu daging tanpa lemak. Kandungan zat besi pada daging sangat efektif untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga berguna untuk memperlencar aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen bagi janin.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar yang berwarna orange sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung karotenoid yang akan berfungsi menjadi vitamin A setelah melalui proses metabolismne. Manfaatnya yaitu sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan mata pada janin. Selain itu, ubi jalar memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun ibu hamil dan janin.

  1. Kelompok kacang-kacangan

Salah satu jenis kelompok kacang-kacangan yang disarankan bagi ibu hamil 6 bulan yaitu buncis. Kandungan protein pada buncis berguna untuk membantu pertumbuhan janin. Selain itu, kandungan serat pada kacang-kacangan bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan menjaga berat badan ideal pada ibu hamil.

  1. Sayuran hijau dan buah-buahan

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk melengkapi kebutuhan vitamin serta mineral yang menunjang tumbuh kembang janin. Selain itu, jenis vitamin pada sayur dan buah seperti vitamin C berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin. Konsumsilah sayuran yang bervariasi untuk melengkapi semua kebutuhan nutrisi pada waktu hamil.

Demikian beberapa jenis sumber makanan yang disarankan bagi ibu hamil usia 6 bulan. Selain itu, penuhi juga kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari untuk menjaga sirkulasi darah dan mencegah dehidrasi.

Related Posts

Share This