Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Sebagai Cara Mengatasi Kelelahan

Cara mengatasi kekelahan. Perasaaan letih, lesu dan juga lunglai merupakan salah satu istilah yang mana menggambarkan perasaan umum ketika kondisi tubuh tengah mengalami kelelahan. Pada dasarnya kelelahan bisa mencakup kelelahan fisik maupun mental. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kelelahan seperti gaya hidup, masalah psikologis, kondisi medis dan aktivitas sehari-hari yang super padat. Lalu bagaimana cara mengatasi kelelahan?

Bahkan kebiasaan sehari-hari seperti konsumsi alkohol, kafein, kurang aktif, kurang tidur dan melakukan aktivitas berlebihan akan menyebabkan tubuh lebih mudah lelah. Kelelahan bukan merupakan suatu penyakit, akan tetapi kelelahan bisa menjadi indikasi adanya penyakit seperti diabetes, kelainan jantung, gangguan ginjal dan anemia.

Beberapa gejala umum kelelahan yaitu sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, nafsu makan menurun, tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas, lebih banyak diam dan lebih nyaman tidur. Kondisi tersebut tentunya harus segera ditangani supaya tidak mengganggu aktivitas harian Anda. Berikut cara mengatasi kelelahan dengan konsumsi beberapa jenis makanan sehat.

1. Green Tea

Nah, salah satu cara untuk mengatasi kelelahan yaitu dengan minum secangkir teh hijau. Mengapa harus green tea? Hal ini karena green tea mengandung senyawa polifenol yang berguna untuk membantu mengurangi stres, meningkatkan fokus mental dan meningkatkan energi.

2. Pisang

Kandungan kalium pada buah pisang berguna untuk mengubah gula menjadi energi bagi tubuh. Bahkan pisang mengandung vitamin B, asam lemak omega-3, vitamin C, serat, omega-6 dan karbohidrat. Nah, manfaatnya untuk tubuh yaitu mengatasi kelelahan dan mencegah dehidrasi.

3. Biji Labu

Biji labu tergolong salah satu camilan sehat yang ideal untuk mengatasi kelelahan. Makanan yang satu ini kaya akan kandungan protein yang berkualitas, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan omega-3. Selain itu biji labu juga mengandung mangan, posfor, zat besi, tembaga dan vitamin B6.

4. Yoghurt

Kandungan protein yang sangat tinggi pada yoghurt menjadikan minuman yang satu ini sangat bagus untuk kesehatan. Bahkan yoghurt mengandung probiotik alami untuk kesehatan usus. Selain itu, konsumsi yoghurt akan membantu menghasilkan energi bagi tubuh dalam mengatasi kelelahan.

5. Oatmeal

Makanan yang satu ini kaya akan kandungan karbohidrat berkualitas sehingga akan diolah oleh tubuh untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

6. Bayam

Ketika Anda lelah, cobalah untukmengkonsumsi sup bayam. Hal ini karena bayam mengandung zat besi dalam kadar yang sangat tinggi. Manfaatnya yaitu membantu pembentukan sela darah merah . Dengan begitu maka akan membantu memerangi kelelahan.

7. Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan ternyata bisa membantu mengatasi kelelahan. Hal ini karena kacang-kacangan mengandung magnesium, kalium, posfor, besi, tembaga dan mineral lainnya. Komposisi tersebut sangat ideal untuk membantu tubuh menghasilkan energi sehingga terhindar dari kelelahan.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang berguna untuk mengatasi kelelahan. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga tubuh tetap bugar. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517