Kondisi Yang Menyebabkan Bayi Terjaga Pada Malam Hari

Bayi yang terbangun pada malam hari mungkin hal yang biasa dan tidak dapat dielakkan lagi. Akan tetapi apabila hal ini terus menerus terjadi maka akan mempengaruhi perkembangan bayi karena bayi tidak memdapatkan kualitas tidur yang baik. Selain itu, kebiasaan bayi yang sering terbangun pada malam hari akan membuat Bunda merasa kerepotan sehingga waktu istirahat pada malam hari akan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut Bunda harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab bayi sering terbangun pada malam hari. Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang kondisi yang menyebabkan bayi sering terbangun pada malam hari.

Bayi Sering Terbangun

Berikut Ini Sebab-Sebab Bayi Sering Terbangun Pada Malam Hari

Popok bayi basah

Hal paling umum yang sering menyebabkan bayi terbangun pada malam hari yaitu kondisi popok yang basah dan kotor. Bayi akan merasa terganggu dan tidak nyaman ketika kondisi popoknya basah sehingga hal tersebut akan membuat bayi menangis. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda menggunakan popok kain. Untuk meminimalisir kondisi popok yang basah sebaiknya Anda menggunakan beberapa lapis popok kain sebelum ia tertidur. Hal ini tentunya akan membuat bayi tetap nyaman sepanjang malam meskipun dia pipis karena popok mampu menyerap cairan tersebut.

Kondisi perut yang lapar

Postur tubuh bayi yang kecil tentunya tidak bisa menampung banyak makanan pada perutnya. Selain itu sistem pencernaan bayi juga dirancang untuk menampung makanan dalam jumlah sedikit tapi sering. Nah, maka dari itu untuk mencegah bayi terbangun pada malam hari sebaiknya Bunda memberikan makanan yang cukup bagi bayi sebelum dia tertidur. Kondisi perut yang kenyang cenderung akan membuat bayi tertidur lebih nyenyak sepanjang malam.

Baca Juga:  2 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Sikat Gigi Bayi

Suhu ruangan yang tidak stabil

Bayi yang sering terbangun pada malam hari bisa saja diakibatkan oleh kondisi suhu ruangan yang tidak stabil. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga bayi akan terbangun dan rewel pada malam hari. Pastikan suhu ruangan bagi bayi stabil sebelum dia benar-benar tertidur supaya bayi merasa nyaman sepanjang malam.

Pakaian yang tidak nyaman

Perlu Bunda ketahui bahwa pakaian juga merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi tidur bayi. Sebagian bayi merasa tidak nyaman ketika tidur dengan mengenakan pakaian berbahan dasar sintetis seperti polyester. Menurut sebuah riset bahwa bayi merasa lebih nyaman ketika mengenakan pakaian atau popok dengan bahan dasar katun. Bayi cenderung tidur lebih nyenyak sepanjang malam.

Kondisi tempat tidur yang tidak nyaman

Kondisi tempat tidur yang dingin ataupun panas tentunya akan membuat bayi merasa tidak nyaman sepanjang malam. Untuk itu menyesuaikan kondisi suhu ruangan yang tepat merupakan salah satu cara untuk menjaga bayi tertidur nyenyak pada malam hari. Selain itu, Bunda juga harus menghindarkan bayi dari suara-suara bising yang bisa mengganggu tidur bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517