Kondisi Kesehatan Juga Bisa Ditunjukkan Dari Warna Tinja

Sebenarnya, tanpa harus Anda memeriksakan ke dokter mengenai kesehatan Anda, Anda bisa mendeteksi kondisi kesehatan Anda sendiri melalui warna tinja yang keluar ketika Anda buang air besar.
Bahkan, biasanya sesekali dokter juga akan menggunakan bantuan deteksi warna tinja guna mengumpulkan sejumlah data observasinya yang memang bisa menentukan kondisi kesehatan serta obat apa yang pastinya cocok untuk di konsumsi pasien.

Dan umumnya, warna tinja ini sangat sensitif serta mampu menunjukkan kondisi sejumlah organ tubuh yang ada di dalam perut. Jika warna tinja Anda berwarna kuning kecoklatan, maka itu tandanya keadaan tubuh Anda normal.
Nah, di bawah ini ada beberapa warna tinja yang bisa Anda perhatikan guna mendeteksi kondisi kesehatan Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Warna tinja hijau

Jika warna tinja hijau, itu artinya makanan terlalu cepat masuk kedalam pencernaan dan prosesnya masih belum sempurna. Dalam kondisi ini, biasanya Anda akan mengalami diare jika kondisi ini terus-menerus dibiarkan.

Namun, keadaan ini juga bisa disebabkan karena Anda yang mengkonsumsi makanan yang memiliki warna hijau atau bahkan mengandung pewarna hijau, maka dari itu tinja yang dikeluarkan juga berwarna hijau.

2. Warna tinja putih atau pucat

Ketika warna tinja putih atau bahkan pucat, maka itu artinya Anda kekurangan asupan cairan yang sangat penting di dalam empedu. Kondisi ini umumnya akan sangat berbahaya, dan jika selama berhari-hari warna tinja anda tidak berubah, maka sebaiknya anda segera memeriksakan kepada dokter, karena mungkin saja empedu Anda tengah bermasalah.

Namun masih ada kemungkinan lainnya, yang menyebabkan hal tersebut. Karena dalam beberapa kasus medis, ada beberapa jenis obat yang memang bisa menyebabkan warna tinja berubah menjadi putih atau bahkan pucat.

3. Warna tinja kuning

Jika warna tinja Anda kuning dan mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka itu artinya kondisi tubuh Anda tengah mengalami asupan lemak yang berlebih. Maka dari itu, Anda harus mengurangi asupan lemak Anda.
Namun kondisi ini juga bisa terjadi jika asupan protein Anda terlalu berlebih.

4. Warna tinja hitam

Jika warna tinja yang keluar berwarna hitam, maka itu artinya ada pendarahan yang terjadi di bagian organ perut atas. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi ketika Anda kelebihan asupan zat besi, atau bahkan ketika Anda telah mengkonsumsi makanan yang berwarna hitam.

5. Warna tinja kemerahan

Jika tinja berwarna kemerahan, itu artinya ada masalah atau ada pendarahan di bagian perut bagian bawah, hal ini bisa saja terjadi di saluran kencing atau bahkan karena terjadinya ambeien. Atau dalam kondisi lainnya, Anda yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berwarna merah.

Nah, itulah beberapa warna tinja yang harus Anda perhatikan. Jika dalam beberapa hari warna tinja tidak kembali berubah menjadi normal, maka sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter.

Related Posts

Share This