Komplikasi dan Penyebab Wanita Sulit Hamil

Tingkat kesuburan setiap wanita untuk bisa hamil mungkin berbeda. Tidak semua wanita bisa memperoleh kehamilan dengan mudah akibat adanya gangguan atau komplikasi. Salah satu faktor penyebab komplikasi yang menghambat kehamilan yaitu siklus menstruasi tidak teratur. Selain itu, gangguan lain pada sistem reproduksi seperti sindrom ovarium polikistik memberikan pengaruh terhadap kehamilan.

Komplikasi yang terjadi tentunya akan merusak kesuburan sehingga ini menjadi sesuatu yang menakutkan yang akan berpengaruh terhadap kondisi fisik dan psikis seorang wanita. Sebelum memutuskan untuk hamil maka perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kesuburan dan memastikan tidak ada gangguan kesehatan yang bisa menghambat proses kehamilan nantinya.

Adapun Penyebab Wanita Sulit Hamil Yaitu Sebagai Berikut

  • Berat badan tidak ideal

Salah satu komplikasi penyebab wanita tidak bisa hamil yaitu akibat adanya gangguan berat badan. Wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas sangat rentan terhadap masalah kesuburan. Kelebihan maupun kekurangan berat badan tentunya akan menimbulkan komplikasi. Terlebih lagi bagi wanita yang kekurangan asupan zat besi dan kalsium.

  • Siklus menstruasi tidak teratur

Siklus mentruasi yang tidak teratur tentunya akan menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa siklus menstruasi yang teratur dan berjalan baik adalah salah satu kunci untuk memperoleh kehamilan. Nah, jika siklus mentruasi tersebut tidak teratur maka akan kesulitan untuk menentukan waktu ovulasi sehingga hal ini tentunya akan menghambat perencaan kehamilan. Siklus mentruasi tidak teratur juga bisa menjadi indikasi adanya masalah pada rahim.

  • Faktor usia

Kesuburan seorang wanita akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Semakin tua maka kualitas dari sel telur akan semakin menurun sehingga proses ovulasi akan berlangsung tidak teratur. Biasanya hal ini terjadi pada wanita usia 40 tahun keatas. Resiko komplikasi ini terjadi sekitar 50%.

  • Radang panggul

Penyakit radang panggul mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. Penyakit ini bisa terjadi pada bagian saluran ovarium, tuba falopi, dan juga pada bagian rahim. Pada beberapa kasus, penyakit ini akan meninggalkan bekas sehingga mengakibatkan wanita sulit hamil. Radang panggul secara umum disebabkan oleh infeksi bakteri.

  • Fibroid rahim

Kanker dan tumor bisa saja tumbuh di bagian otot polos pada rahim. Nah, fibroid rahim tersebut memang kecil kemungkinan mengakibatkan komplikasi kehamilan. Akantetapi jika dibiarkan maka lama kelamaan  akan mengakibatkan komplikasi dan bisa saja berpengaruh pada kesuburan sehingga wanita sulit hamil.

  • Ovarium prematur

Ovarium mengalami penurunan dan fungsinya tidak lagi seperti biasanya sehingga hal ini mengakibatkan disfungsi pada folikel telur. Akibat dari ovarium prematur yaitu siklus menstruasi tidak teratur sehingga mengakibatkan resiko infertilitas dan kesulitan untuk bisa hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517