Kiat Untuk Meningkatkan Konsumsi Makanan Berserat Ketika Hamil

Makanan berserat memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan sistem pencernaan. Ibu hamil biasanya sangat identik dengan gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit. Kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan sehingga kberdampak negatif terhadap asupan nutrisi akibat nafsu makan yang berkurang.

Bahkan pada beberapa kasus, sembelit menjadi pemicu timbulnya penyakit ambeien. Adapun penyebab konstipasi atau sembelit pada waktu hamil yaitu tingginya kadar hormone kehamilan yang menyebabkan kinerja usus melambat. Disisi lain, kondisi kehamilan yang semakin membesar akan memberikan tekanan pada saluran pencernaan.

Pada dasarnya serat berasal dari bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Serat tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga diperlukan dukungan dari luar melalui beberapa jenis makanan tertentu. Serat yang masuk kedalam saluran pencernaan akan membantu kinerja bakteri baik dalam proses fermentasi sehingga memperlancar laju kotoran.

Jenis Serat Yang Penting Bagi Tubuh

  1. Serat Tak Larut

Serat tak larut berfungsi dalam memperlancar pencernaan karena sifatnya mampu menyapu sisa makanan yang ada di dalam usus. Serat tak larut bisa diperoleh dari jenis makanan seperti kacang-kacangan, sayuran dan gandum utuh.

  1. Serat Larut Dalam Air

Untuk serat jenis ini memiliki kemampuan dalam menyerap air didalam saluran pencernaan sehingga usus mengembang dan memberikan tekanan pada bagian dinding usus. Nah, proses ini akan merangsang kontraksi pada usus sehingga menurunkan resiko penumpukan kolesterol dan gula darah. Serat larut bisa diperoleh dari oat, apel, barley dan kacang-kacangan.

  1. Pati Resisten

Pati resisten merupakan pati yang mampu melewati usus halus dan kemudian masuk kedalam usus besar. Sifat dari pati resisten yaitu sebagai prebiotik. Fungsinya yaitu untuk memberikan makanan pada bakteri baik di usus. Untuk memperoleh pati resisten konsumsilah kentang, kacang-kacangan, beras dan pasta.

Baca Juga:  Pentingnya Menjaga Kesehatan di Kehamilan 16 Minggu

Tips Untuk Meningkatkan Asupan Serat

  1. Konsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti pdosuk pasta, oat, barley dan beras merah.
  2. Pilihlah roti yang menggunakan bahan dasar gandum.
  3. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran karena mengandung serat sangat tinggi dan merupakan serat terbaik.
  4. Konsumsi buah dan sayur beserta kulitnya. Contohnya buah apel, pir, kentang manis karena bagian kulit mengandung banyak serat.
  5. Anda juga bisa memperbanyak konsumsi kacang-kacangan. Namun hindari olahan kacang dengan kadar garam tinggi. Selain itu, hindari pula kacang dalam produk kalengan.

Nah, itulah sekilas tentang serat dan cara meningkatkan asupan makanan yang berserat selama hamil. Yang terpenting dan cara paling mudah untuk meningkatkan asupan serat yaitu dengan memperbanyak asupan sayur dan buah. Hal ini karena bagaimanapun makanan tersebut merupakan sumber serat terbaik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517