Kiat Untuk Mengatasi Nyeri Saat Haid

Nyeri haid merupakan salah satu hal yang sering dirasakan oleh setiap wanita pada awal-awal masa menstruasi. Kondisi tersebut bersifat normal jika rasa sakit yang dirasakan masih wajar.  Terkadang banyak wanita menggunakan obat-obatan untuk meredakan rasa sakit tersebut. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan karena bisa berdampak terhadap kondisi kesehatan.

Nyeri saat haid terjadi akibat adanya kontraski uterus yang menyebabkan terjadinya pelepasan zat kimia seperti hormone prostaglandin. Tingginya kadar prostaglandin juga mengakibatkan mual-mual dan sakit kepala. Gejala nyeri waktu haid adalah ahal yang normal sehingga Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan pereda rada sakit.

Berikut Ini Kiat Untuk Mengatasi Nyeri Haid

  1. Kompres perut

Salah satu cara untuk mengatasi nyeri waktu haid yaitu dengan mengompres perut menggunakan air hangat. Selain itu, Anda juga bisa melakukan terapi dengan berendam di kolam air hangat. Cara ini dinilai cukup efektif untuk meredakan rasa sakit pada waktu menstruasi.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D, vitamin E, magnesium, kalsium dan omega-3. Makanan bergizi berperan penting dalam memperlancar menstruasi. Selain itu, makanan yang bergizi sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit.

  1. Lakukan pijatan lembut

Cara lain untuk mengatasi rasa sakit pada waktu haid yaitu dengan melakukan pemijatan lembut pada perut bagian bawah atau tulang pinggang. Namun dalam melakukan pemijatan ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu keras karena bisa berpengaruh terhadap menstruasi.

  1. Berbaring

Untuk meredakan rasa sakit, cobalah untuk memposisikan tubuh dengan cara berbaring di tempat tidur atau di sofa. Posisikan tubuh senyaman mungkin dan lakukan teknik relaksasi dengan cara menarik nafas secara perlahan.

  1. Olahraga ringan

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit pada waktu haid yaitu dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki santai. Lakukan olahraga ringan secara teratur setiap harinya. Manfaatnya yaitu untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga meredakan keluhan pada waktu haid. Selain jalan kaki, Anda juga bisa melakukan yoga. Latihan ini sangat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan senantiasa membuat Anda rileks.

  1. Konsultasi dengan dokter

Jika rasa nyeri yang Anda rasakan sudah bersifat tidak wajar, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini untuk mendeteksi adanya kelainan yang terjadi dengan sistem reproduksi.

Nah, itulah beberapa kiat sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa nyeri waktu haid. Hindari penggunaan obat-obatan untuk meredakan rasa sakit tersebut. Penggunaan obat-obatan bisa berdampak negatif terhadap kesehatan dan fungsi dari sistem reproduksi dalam jangka panjang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517