Kiat Untuk Mengatasi Nyeri Punggung Ketika Hamil

Nyeri punggung merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil. Kondisi janin yang semakin membesar akan memberikan tekanan sehingga mengakibatkan nyeri punggung. Disamping itu, jika ibu hamil kelebihan berat badan maka sangat beresiko menyebabkan stres pada sendi yang memicu nyeri pada bagian punggung. Banyak faktor lain yang memicu nyeri punggung saat hamil, sebagai contohnya yaitu adanya perubahan hormone kehamilan yang melonggarkan bagian sendi dan ligament.

Nyeri punggung ketika hamil tentunya akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka nyeri punggung akan semakin terasa. Hal ini karena kondisi janin yang semakin membesar akan memberikan tekanan yang berlebih terhadap terhadap tulang panggul dan tulang belakang.

Simak Kiat Berikut Ini Untuk Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

  • Posisi tubuh

Bertambahnya usia kehamilan menandakan bahwa janin di dalam kandungan juga terus berkembang. Dalam hal ini Anda harus mengatur posisi tubuh ketika berdiri atau duduk untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan. Ketika berdiri sebaiknya Anda memposisikan tubuh dengan posisi yang paling aman dan nyaman. Ketika memutuskan untuk duduk diatas kursi maka pastikan bahwa kursi tersebut benar-benar aman.Gunakan kursi yang bisa menyokong bagian punggung Anda sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri.

  • Perhatikan posisi tidur

Untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil sebaiknya Anda memperhatikan posisi tidur. Buatlah tempat tidur Anda senyaman mungkin. Posisi tidur miring bisa menjadi pilihan Anda ketika hamil untuk menghindari resiko sakit punggung. Jangan tidur dengan posisi terlentang karena bisa menekan bagian punggung.

  • Menggunakan pakaian yang tepat

Pada waktu hamil sebaiknya Anda memilih pakaian yang tepat dan sesuai ukuran. Gunakan baju dan celana kusus untuk ibu hamil. Hindari penggunaan sepatu dengan hak tinggi karena bisa memperparah nyeri punggung saat hamil.

Baca Juga:  Amankah Hamil Muda Naik Pesawat?
  • Posisi tubuh yang tepat pada waktu mengangkat benda

Pada waktu hamil tidak dianjurkan untuk mengangkat benda yang terlalu berat karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Jika Anda hendak mengangkat suatu benda maka posisikan tubuh Anda dengan benar. Jangan pernah menekuk bagian pinggang karena bisa menyebabkan nyeri punggung. Posisi yang bisa Anda gunakan yaitu dengan berjongkok kemudian ketika hendak mengangkat sebaiknya gunakan tenaga dari kaki.

  • Lakukan pemijatan

Anda bisa meminta bantuan suami atau kerabat dekatĀ  untuk memijat dengan lembut bagian punggung. Selain itu Anda juga bisa menggunakan air es untuk mengompres bagian punggung sehingga meredakan rasa nyeri.

  • Olahraga khusus ibu hamil

Untuk meringankan nyeri punggung, Anda bisa melakukan latihan atau olahraga ringan khusus ibu hamil. Namun sebelum Anda berolahraga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan salah satunya yaitu berjalan dan berenang.

  • Istirahat

Istirahat adalah cara yang ampuh untuk meredakan nyeri punggung. Berhentilah melakukan aktivitas yang bisa memicu dan memperparah kondisi nyeri punggung. Dengan mencukupi waktu istirahat maka perlahan akan menghilangkan nyeri punggung. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang mencukupi yaitu minimal 2 liter setiap harinya.

Jika sakit punggung Anda semakin parah dan tak kunjung hilang, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Meskipun hal yang wajar namun Anda jangan menyepelekan sakit punggung pada waktu hamil karena bisa mengganggu kenyamanan Anda sehingga perkembangan janin tidak optimal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517