Kiat Untuk Membentuk Kecerdasan Anak Sejak Dini

Memiliki seorang anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orangtua. Pada dasarnya untuk membentuk kecerdasan seorang anak bisa dilakukan sejak dalam kandungan. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan stimulus atau rangsangan pada janin. Nah, stumulasi seperti apa yang bisa dilakukan pada kehamilan untuk proses pembentukan kecerdasan anak?

Pakar kesehatan mengemukakan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membentuk kecerdasan anak sejak dalam kandungan yaitu memberikan stimulus berupa terapi musik klasik ataupun mengajak janin berinteraksi. Anda berbicara pada janin seolah-olah sedang mengobrol. Cara ini dinilai bisa memberikan rangsangan terhadap perkembangan otak janin sehingga perlahan-lahan akan membantu meningkatkan kecerdasan.

Berbicara tentang kecerdasan tentunya sangat erat kaitannya dengan kualitas otak yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Proses membentuk kecerdasan anak sejak dalam kandungan bisa dilakukan dengan cara memperhatikan kebutuhan nutrisi dan memberikan perhatian lebih pada kandungan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Berikut Kiat Untuk Membentuk Kecerdasa Anak Sejak Dalam Kandungan

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Kebutuhan nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, terutama dalam hal pembentukan otak dan kecerdasan. Ibu hamil harus senantiasa mencukupi kebutuhan nutrisi berupa karbohidrat, kalsium, protein, vitamin serta mineral.

Pada dasarnya kebutuhan nutrisi harus dipersiapkan sebelum memutuskan hamil. Hal ini bertujuan supaya kondisi rahim sehat sehingga tidak ada gangguan pada proses perkembangan janin. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan omega-3 tentunya sangat berguna dalam proses pembentukan kecerdasan anak.

Kasih Sayang

Mencurahkan kasih sayang pada anak harus dilakukan sejak dalam kandungan sebagai upaya untuk membentuk kecerdasan otak. Dalam menjalani kehamilan, seorang ibu harus senantiasa ikhlas dan bahagia. Apabila Anda seorang wanita karir maka jangan merasa terbebani dan khawatir dengan pekerjaan.

Anda harus benar-benar menjalani kehamilan dengan hati yang bahagia sehingga bisa mencurahkan kasih sayang sepenuhnya untuk menjalani kehamilan. Nah, kondisi tersebut secara tidak langsung akan menjadi stimulus terhadap perkembangan janin secar fisik dan mental.

Perhatian Penuh

Maksudnya yaitu dengan cara memberikan perhatian secara langsung terhadap kehamilan dengan menyentuh dan mengelus kandungan. Secara emosional tindakan tersebut menjadi stimulus untuk perkembangan janin. Jika ibu hamil merasa senang dan bahagia maka secara tidak langsung janin di dalam kandungan ikut senang sehingga tumbuh kembangnya berlangsung tanpa ada hambatan.

Ibu hamil yang merasa tertekan dan stres maka akan menimbulkan suasana tidak nyaman pada janin sehingga berdampak buruk pada perkembangan janin. Stimulasi positif hendaknya dilakukan pada usia kehamilan 6 bulan karena pada usia tersebut struktur otak bayi sudah mulai berfungsi dengan baik dan sempurna.

Selain melakukan tindakan-tindakan diatas, lakukan pemeriksaan rutin terhadap kehamilan Anda. Pemeriksaan dokter bertujuan untuk mengetahui tahap perkembangan dan kemungkinan terjadi gangguan. Dengan begitu segala permasalahan yang membahayakan janin bisa diminimalisir sejak dini sehingga tidak akan mengganggu tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517