Kiat Untuk Melatih dan Mengajari Bayi Mengunyah Makanan

Makanan padat sudah bisa diperkenalkan pada bayi ketika usianya sudah menginjak 6 bulan. makanan padat yang diberikan untuk bayi merupakan makanan pendamping ASI dan bukan makanan pengganti ASI. Pada usia tersebut, bayi harus tetap diberi ASI sampai usianya mencapai 2 tahun.

Pada waktu memperkenalkan makanan padat pada bayi, terkadang para orangtua menghadapi berbagai kendala dan kesulitan. Salah satu kendala yang biasa dihadapi yaitu bayi yang sering memuntahkan dan tidak mau menelan makanan. Selain itu, hal yang membuat seorang ibu jengkel adalah kebiasaan bayi yang menumpuk makanan di mulut.

Tips Untuk Melatih dan Mengajari Bayi Mengunyah Makanan

Pada dasarnya bayi sudah memiliki kemampuan dalam menghisap dan menelan makanan sejak bayi menerima ASI. Pada waktu bayi sudah menginjak usia 6 bulan dan sudah mulai tumbuh gigi maka bayi harus diajarkan kebiasaan mengunyah makanan sehingga bayi bisa beradaptasi dengan makanan padat.

Mengajarkan kebiasaan mengunyah pada bayi memerlukan waktu sampai bayi terbiasa dan bisa beradaptasi dengan jenis makanan baru. Untuk mendukung keterampilan mengunyah dan menelan makanan pada bayi maka harus diberikan stimulasi yang tepat dan diajarkan secara perlahan dan bertahap.

Memperkenalkan tekstur makanan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melatih kebiasaan mengunyah makanan adalah memperkenalkan tekstur makanan pada bayi. Makanan padat yang pertama kali diberikan pada bayi harus memiliki tekstur yang lembut atau cair. Makanan yang diberikan harus berbentuk bubur supaya bayi lebih mudah untuk menelan dan melumatnya. Mengenalkan makanan padat harus dilakukan secara bertahap sesuai usia bayi, dari mulai makanan yang bertekstur lembut sampai makanan yang bertekstur kasar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bayi dalam beradaptasi dan mencegah terjadinya alergi makanan pada bayi.

Lakukan pemberian makanan secara bertahap

Pemberian makanan padat untuk bayi secara bertahap bertujuan untuk memudahkan bayi dalam beradaptasi dalam belajar mengunyah makanan. Selain itu, pemberian makanan secara bertahap sesuai usia bayi merupakan salah satu bentuk stimulasi untuk melatih keterampilan bayi. Anda bisa memberikan makanan padat dengan tekstur yang lembut kemudian tingkatkan secara bertahap dengan memberikan makanan yang bertekstur kasar. Disamping itu, Anda juga harus memberikan stimulasi pada bayi supaya mau mengunyah makanan. Supaya bayi terbiasa mengunyah makanan, Anda bisa memberikan makanan dengan tekstur berbeda dan bervariasi. Salah satunya yaitu memberikan makanan padat yang mudah digenggam oleh bayi.

Memberikan stimulasi dan contoh pada bayi

Anak kecil atau bayi memiliki kemampuan dalam merekam dan mengingat sesuatu. Kemampuan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melatih bayi dalam belajar mengunyah makanan. Apabila Anda memberikan stimulasi pada bayi dengan benar maka bayi akan mudah untuk merekam semua pembelajaran dalam hal mengunyah dan menelan makanan.

Pada dasarnya melatih kebiasaan mengunyah pada bayi bisa dilakukan dengan memberikan stimulasi secara bertahap sesuai dengan usia bayi. Pemberian makanan yang bertahap akan memudahkan bayi dalam beradaptasi dan belajar mengunyah.

Related Posts

Share This