Kiat Sukses Menjaga Kehamilan Muda

Tahap awal kehamilan merupakan waktu yang paling rentan. Hal ini mengingat janin di dalam rahim belum sepenuhnya melekat kuat. Menjaga kehamilan muda bukan perkara yang gampang. Banyak hal yang harus Anda lakukan dan hindari selama menjalani tahap awal kehamilan tersebut. Terlebih lagi pada wal kehamilan banyak keluhan yang bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

Hamil sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Pada dasarnya untuk memperoleh itu semua diperlukan perlakuan khusus seperti mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga dan menjauhi semua aktivitas yang bisa membahayakan janin. Nah, terkait dengan hal tersebut, berikut penulis akan memberikan tips untuk menjaga kehamilan muda.

  • Konsultasi dengan dokter

Pada tahap awal kehamilan disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kehamilan Anda. Konsultasi bertujuan untuk mengetahui kondisi kandungan dan meminta saran dari dokter mengenai anjuran serta larangan pada tahap awal kehamilan tersebut. Pemeriksaan secara rutin akan meminimalisir gangguan yang bisa membahayakan kehamilan.

  • Melengkapi kebutuhan nutrisi

Cara menjaga kehamilan muda yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi sebagai upaya dalam melengkapi kebutuhan nutrisi selama tahap awal kehamilan. Nutrisi pada tahap awal kehamilan sangat penting mengingat pada waktu tersebut merupakan proses pembentukan awal dari organ-organ janin.

  • Menghindari hal-hal yang membahayakan

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat selama menjalani masa kehamilan. Terlebih lagi pada tahap awal kehamilan karena kondisi janin di dalam kandungan masih sangat rentan terganggu dan beresiko terjadinya keguguran. Selain itu, dari segi makanan juga ibu hamil harus lebih selektif.

  • Mengelola emosi

Pada tahap awal kehamilan terkadang emosi ibu hamil menjadi tidak stabil akibat dari pengaruh hormone kehamilan. Jika Anda tidak bisa mengendalikan perubahan emosi tersebut maka sangat rentan mengakibatkan gangguan pada kehamilan Anda. Stress pada saat hamil akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan perkembangan janin. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus bisa mengontrol emosi agar kehamilan tidak bermasalah.

  • Bekerja

Bagi Anda wanita karir yang sedang menjalani kahamilan, bekerja pada waktu hamil memang tidak dilarang. Namun dalam hal ini Anda harus bisa menempatkan diri dan tidak terlalu kecapean. Lakukan pekerjaan yang tidak terlalu menguras energi dan tidak menyebabkan pikiran stres. Jika usia kehamilan sudah semakin besar maka sebaiknya Anda menghentikan aktivitas tersebut karena pada dasarnya Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk beristirahat guna menunjang kesehatan dan janin.

Itulah kiat sukses untuk menjaga kehamilan muda supaya terbebas dari gangguan yang bisa membahayakan tumbuh kembang janin. Selain itu, untuk menunjang kesehatan pada tahap awal kehamilan, lakukanlah olahraga ringan secara rutin dan teratur.

Related Posts

Share This