Kiat Sukses Menjadi Orang Tua Yang Hebat

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian seorang anak. Pendidikan untuk anak tidak saja yang bersifat formal di sekolah, namun pendidikan dasar yang diberikan oleh orangtua adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak. Salah satu pendidikan dasar yang sangat penting dan harus diajarkan pada anak sejak dini yaitu pendidikan moral.

Semua pendidikan atau ajaran yang diberikan oleh orangtua sangat berguna untuk memotivasi anak sehingga tumbuh menjadi pribadi yang penuh rasa percaya diri. Maka dari itu orangtua harus memberikan ajaran dan arahan yang tepat sehingga anak akan tumbuh dengan akhlak mulia ketika tumbuh dewasa. Untuk menjadi orangtua yang hebat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mendidik anak. Dalam hal ini sebaiknya Anda lebih banyak memberikan contoh dengan perbuatan daripada ucapan atau teori.

Simak Kiat Sukses Menjadi Orangtua Hebat Berikut Ini

  1. Mengutamakan perbuatan bukan teori

Dalam mendidik anak sebaiknya Anda lebih mengutamakan perbuatan daripada teori. Hal ini karena anak-anak akan lebih mudah meniru setiap perbuatan Anda daripada ucapan. Ketika Anda menyuruh anak untuk merapikan tempat tidur atau mainan yang berserakan sebaiknya Anda sambil melakukan hal tersebut. Dengan begitu anak akan lebih mudah untuk mempraktekan setiap perintah Anda. Kebanyakan mengeluarkan teori bukan solusi yang baik untuk mendidik seorang anak.

  1. Bersikap konsisten

Untuk menjadi orangtua yang hebat Anda harus senantiasa bersikap konsisten. Anda sebagai orangtua harus konsisten dalam segala hal, baik itu ketika menerapkan peraturan ataupun melarang anak. Bersikap konsisten akan membuat anak tumbuh dengan kepribadian yang tegas dan disiplin.

  1. Hindari konflik dengan anak

Ketika anak Anda marah sebaiknya Anda bersikap lebih tenang dan jangan terpancing untuk memarahinya. Cobalah untuk membuatnya tenang dan hindari anak untuk beberapa saat. Dalam hal ini Anda bisa memberi pengertian pada anak sesuai dengan penyebab marah tersebut. Jika anak marah akibat dari keinginanya tidak terpenuhi, jelaskan bahwa apa yang mereka inginkan tidak selalamnya bisa didapatkan.

  1. Menumbuhkan kekuatan di dalam diri anak

Kiat selanjutnya untuk menjadi orangtua hebat yaitu dengan memberikan kesempatan dan membiarkan anak memiliki kekuatan di dalam dirinya untuk mengambil sebuah keputusan. Salah satu contohnya yaitu dengan memberikan kesempatan bagi anak untuk memilih makanan apa yang dibawa ke sekolah sebagai bekal. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai sehingga kelak ketika tumbuh dewasa, anak akan memiliki rasa percaya diri untuk mengambil keputusan.

  1. Gunakan konsep sebab akibat

Untuk melatih anak supaya memiliki sikap yang lebih teliti maka Anda bisa menggunakan konsep sebab akibat. Contohnya yaitu ketika Anda sudah menyuruh anak untuk menyiapkan segala keperluan sekolah esok hari dan ternyata anak tidak begitu menghiraukan perkataan Anda maka biarkan anak merasakan akibat dari keteledoran tersebut. Dengan begini diharapkan anak akan belajar untuk lebih teliti dan mendengarkan semua nasihat Anda sebagai orangtua.

  1. Tunjukan pola asuh yang penuh kasih sayang

Dalam mendidik anak sebaiknya Anda menerapkan pola asuh yang penuh kasih sayang, akan tetapi tidak memanjakan anak. Anda dituntut untuk bersikap lembut dan tidak menggunakan kekerasan ketika mendidik anak. Sikap yang penuh kasih sayang akan berpengaruh terhadap perkembangan fisik dan psikologis anak. Anak-anak yang mendapatkan pola asuh dengan penuh kasih sayang cenderung tumbuh dengan kepribadian yang baik dan lembut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517