Kiat Mudah Untuk Memberikan Obat Pada Anak

Membujuk anak untuk minum obat bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Pada umumnya anak-anak seringkali menolak untuk minum obat meskipun terkadang obat tersebut dikemas dalam bentuk sirup dengan aneka rasa. Bahkan sebagian anak ada yang mau minum obat tetapi memuntahkan kembali obat tersebut dengan alasan tidak enak. Kondisi seperti ini tentunya membuat para orangtua merasa khawatir ketika anak jatuh sakit.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mempunyai trik jitu ketika memberikan obat untuk anak. Anda harus menyiasatinya supaya minum obat adalah hal yang menyenangkan bagi anak. Pada kesempatan ini penulis akan memberikan beberapa kiat ketika memberikan obat pada anak. Simak beberapa kiat berikut ini.

Memberikan Obat Pada Anak

  • Menyesuaikan obat dengan mulut

Pada dasarnya obat memliliki rasa yang pahit sehingga anak tidak mau meminumnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa minta resep obat yang mungkin tidak memiliki rasa pahit yang begitu dominan. Dokter akan memberikan obat jenis lain dengan khasiat yang sama. Menyesuaikan rasa obat dengan mulut anak Anda merupakan salah satu cara supaya mereka mau mengkonsumsin obat tersebut.

  • Membuat lidah anak mati rasa

Mungkin Anda sedikit kaget ketika mendengar hal ini. Anda tidak perlu khawatir karena yang dimaksud membuat lidah anak mati rasa di sini adalah dengan memberikan makanan dengan rasa tertentu sehingga ketika anak minum obat tidak akan merasakan pahit. Salah satu contohnya dengan memberikan makanan yang dingin seperti es dan biarkan anak menghisapnya beberapa menit sehingga ketika diberikan obat lidah anak tidak akan merasakan pahit.

  • Menyamarkan obat

Supaya anak tidak memuntahkan obat yang Anda berikan, cobalah untuk menyamarkan pemberian obat tersebut. Salah satu contohnya dengan memasukan obat ke dalam makanan tertentu sehingga anak tidak menyadarinya. Anda bisa menciptakan suasana minum obat yang menyenangkan pada anak. Akan tetapi perlu diingat yaitu jangan mencampurkan obat dengan susu formula atau sari buah. Hal ini karena bisa mengurangi efektivitas dan kinerja dari obat tersebut. Anda bisa menyamarkan obat di dalam roti ataupun sandwich.

  • Gunakan alat pemberi obat yang tepat

Sendok plastik biasanya merupakan salah satu alat yang paling mudah digunakan untuk minum obat bila dibandingkan dengan sendok teh ataupun sendok makan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan penetes obat sehingga lebih memudahkan Anda ketika memberikan obat pada si kecil yang masih bayi. Akan tetapi sebagian anak dapat minum obat dengan menggunakan cangkir plastik. Dalam hal ini Anda bisa memilih alat yang tepat supaya si kecil mau meminum obat.

  • Pemberian obat melalui permainan

Bagi anak Anda yang sudah mengerti dengan sebuah permainan, Anda bisa memberikan obat pada anak melalui sebuah permainan. Salah satu contohnya dengan mengajak anak untuk bermain dokter-dokteran. Anda bisa berperan sebagai dokter dan anak menjadi pasien. Dengan begitu anak tidak akan merasa takut untuk minum obat. Selain itu, Anda juga bisa memberikan permainan tersebut pada anak dengan peran anak sebagai dokter dan berikan boneka sebagai pasiennya. Kemudian ajarkan bagaimanan seorang dokter memberikan obat paa psien yang sakit. Cara ini sebagai salah satu cara untuk mengajarkan anak tentang bagaimana mengambil keputusan tanpa sebuah paksaan.

Itulah sebagian tips yang bisa Anda lakukan dalam memberikan obat untuk anak. Dalam hal ini Anda di tuntut untuk lebih kreatif supaya minum obat bukan hal yang ditakuti oleh anak-anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517