Kiat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Menjaga kesehatan gigi sejak dini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pada usia anak-anak, kerusakan gigi memang hal yang wajar. Namun sebaiknya hal tersebut tidak dibiarkan karena bisa berpengaruh terhadap perkembangan bentuk rahang. Selain itu, kerusakan gigi pada anak-anak mempengaruhi pertumbuhan gigi selanjutnya yang merupakan gigi permanen.

Banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan akibat dari kerusakan gigi. Salah satunya yaitu berubahnya tatanan gigi dan bentuk mulut ketika si kecil tumbuh dewasa nanti. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi anak sejak dini supaya terhindar dari kerusakan yang bisa berdampak negatif terhadap tumbuh kembangnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan gigi dan mulut akan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Hal ini karena gigi dan mulut merupakan salah satu bagian dari organ pencernaan. Jika gigi dan mulut si kecil bermasalah maka aktivitas makan akan terganggu sehingga asupan nutrisi untuk tubuh akan terhambat. Maka dari itu, mulailah menerapkan kebiasaaan baik sejak dini untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak.

Berikut Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

  1. Kurangi makanan dan minuman manis

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi anak yaitu dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Pada dasarnya anak-anak menyukai makanan manis seperti cokelat, permen dan minuman kaleng.  Padahal kita tahu bahwa makanan yang mengandung gula sangat rentan menyebabkan kerusakan dan mempercepat pembusukan gigi. Maka dari itu, mulalilah untuk membatasi si kecil dalam mengkonsumsi makanan dan minuman manis.

  1. Menerapkan kebiasaan baik untuk menyikat gigi

Cara selanjutnya yaitu dengan mengajarkan kebiasaan baik pada anak untuk menyikat gigi setiap hari. Ajarkan pada anak untuk menyikat gigi 2 kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Selain itu, ajarkan pula cara menyikat gigi yang benar. Dengan begitu, maka akan meminimalisir kerusakan gigi sejak dini.

  1. Meminimalisir penggunaan botol susu

Penggunaan botol susu sangat beresiko mengakibatkan kerusakan gigi. Hal ini karena menghisap susu dari botol secara terus menerus akan menggenangi gigi sehingga timbul kerusakan. Untuk anak yang berusia diatas satu tahun, sebaiknya pemberian susu tidak menggunakan botol. Anda bisa menggunakan cangkir kecil. Cara seperti itu dinilai lebih aman dan efektif untuk mencegah kerusakan gigi.

  1. Makanan bergizi

Selain menjaga kesehatan gigi dari luar, Anda juga harus memberikan asupan nutrisi untuk memperkuat gigi. Salah satunya yaitu dengan memberikan asupan makanan yang bergizi untuk si kecil. Berikan asupan makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti kalsium ataupun zat besi. Dengan begitu si kecil akan terhindar dari kerusakan gigi dan penyakit mulut.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Selain itu, bawalah si kecil ke dokter gigi secara rutin untuk memeriksa kondisi kesehatan giginya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This