Kiat Mengenalkan Finger Food Untuk Bayi 8 Bulan

Memasuki usia 8 bulan, sistem pencernaan bayi sudah befungsi dengan baik dan mendekati sempurna. Pada tahapan ini tekstur makanan pendamping ASI sudah bisa ditingkatkan menjadi lebih kasar dan padat. Pada usia ini finger food bayi sudah mulai bisa Anda perkenalkan sebagai media untuk melatih kemampuan si kecil dalam mengunyah, menelan dan mencerna makanan yang lebih padat.

Tujuan mengenalkan finger food untuk bayi salah satunya yaitu melatih kemampuan si kecil dalam menggenggam makanan. Selain itu, finger food berguna untuk menstimulasi pertumbuhan gigi dan kemampuan si kecil dalam mengunyah makanan dengan tekstur yang lebih kasar.

Pada tahap awal mungkin si kecil akan kesulitan untuk menggenggam makanan tersebut. Nah, maka dari itu Anda harus menyesuaikan ukuran makanan tersebut dengan kemampuan tangan si kecil. Untuk pertama kalinya berikan finger food dengan ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk digenggam oleh tangan mungil bayi.

Dalam mengenalkan finger food kuntuk bayi 8 bulan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya yaitu kandungan gizi dari makanan tersebut. Pilihlah jenis makanan yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi guna menunjang tumbuh kembang si kecil.

Berikut Kiat Mengenalkan Finger Food Untuk Bayi 8 Bulan

  • Perhatikan tekstur makanan

Pada tahap awal pengenalan finger food sebaiknya Anda memilih jenis makanan yang mudah lumer di mulut. Pilihlah biskuit yang dikhususkan untuk bayi pada usia tersebut. Selain itu, jika Anda ingin memberikan sayuran maka usahakan dikukus terlebih dahulu sehingga menjadi lunak. Hal ini bertujuan supaya si kecil lebih mudah untuk beradaptasi dengan tekstur makanan yang sedikit lebih kasar.

  • Sesuaikan ukuran dengan tekstur

Ukuran dari potongan finger food sebaiknya disesuaikan dengan tekstur makanan. Hal ini bertujuan supaya si kecil lebih mudah untuk menghancurkan makanan tersebut di dalam mulutnya. Mengingat kemampuan mengunyah bayi usia 8 bulan belum sepenuhnya sempurna.

  • Hindari memberikan makanan yang tidak sehat
Baca Juga:  Manfaat Berenang Untuk Bayi Dalam Mengoptimalkan Perkembangannya

Dalam program pengenalan finger food, sebaiknya Anda menghindari makanan yang tidak sehat. Dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih selektif. Pilihlah makanan bergizi yang akan menunjang asupan nutrisi untuk tubuh si kecil. Selain untuk melatih kemampuan dalam mengenal makanan dengan tekstur padat, finger food juga berfungsi dalam mendukung asupan nutrisi guna mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

  • Hindari memberikan finger food yang bisa menyebabkan si kecil tersedak

Jangan sembarangan memberikan makanan padat pada bayi. Pilihlah jenis makanan yang benar-benar aman dan tidak membahayakan kesehatannya. Hindari memberikan finger food yang bisa menyebabkan si kecil tersedak seperti biji-bijian, kacang-kacangan, permen, potongan daging dan jenis makanan lainnya.

Nah, itulah kiat dalam memberikan finger food untuk bayi 8 bulan. Pada dasarnya dalam mengenalkan finger food untuk bayi, hal yang paling penting adalah ukuran, tekstur dan kandungan gizi dari makanan tersebut. Selain itu, mengenalkan finger food juga harus dilakukan secara bertahap dan jangan memakasakan bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517