Kiat Mengatur Energi Ketika Menjadi Ibu Baru

Setelah menjalani proses kehamilan dan persalinan, kini telah hadir buah hati yang selama ini Anda dambakan. Hal ini tentunya akan merubah rutinitas dan agenda harian Anda. Dalam hal ini tentunya Anda dituntut untuk bisa mengatur tenaga serta waktu. Biasanya dalam hal ini banyak wanita yang mengeluh ketika harus menjalani aktivitas menjadi ibu baru. Keluhan tersebut tidak jauh dari kelelahan karena semakin bertambahnya aktivitas harian.

Jika kondisi tersebut tidak ditangani sangat beresiko memicu stres yang berdampak buruk terhadap kondisi fisik dan bahkan kesehatan bayi. Akibat tidak bisa mengatur waktu dan energi yang menyebabkan kelelahan menjadi penyebab munculnya baby blues syndrome  pada sebagian wanita setelah melahirkan.

Pada umumnya penyebab utama dari kondisi tersebut adalah kurangnya pengetahuan ketika menjadi ibu baru. Maka dari itu banyak pakar kesehatan dan psikolog yang menyarankan bagi ibu hamil untuk mempersiapkan segala sesuatunya menjelang persalinan, terutama dalam hal pengetahuan seputar perawatan bayi ketika menjadi ibu baru.

Untuk menjadi ibu baru memang bukan perkara yang mudah. Jika tidak memiliki pengetahuan memang tugas baru yang satu ini terasa berat. Bertambahnya aktivitas merawat bayi dan pekerjaan rumah tangga akan membuat Anda lebih rentan kecapean. Menejemen waktu dan energi dalam hal ini sangat penting untuk dilakukan setiap ibu baru.

Nah, Berikut Ini Tips dan Kiat Mengatur Energi Ketika Menjadi Ibu Baru

Mengatur Jadwal Untuk Istirahat

Ketika Anda mulai disibukkan dengan rutinitas baru merawat bayi, jangan terlalu sering untuk begadang. Biasakan untuk beristirahat malam secukupnya. Sebab jika waktu istirahat banyak terganggu, akan membuat Anda kelelahan esok harinya. Jika waktu istirahat pada malam hari banyak terganggu maka Anda bisa menyempatkan untuk beristirahat pada siang hari ketika si kecil tidur. Cara ini dinilai lebih efektif bagi Anda untuk mendapatkan waktu istirahat yang memadai. Dengan waktu istirahat yang cukup maka energi Anda tidak akan banyak hilang sehingga tidak mudah lelah dan terhindar dari stres.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Langkah selanjutnya yang paling penting dalam mengatur energi adalah nutrisi. Sebab bagaimanapun nutrisi memegang peranan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung gizi seimbang meliputi vitamin, mineral, lemak, protein dan nutrisi penting lainnya.

Dalam mengatur energi menjadi ibu baru, biasakan untuk menyempatkan sarapan pagi dengan makanan bergizi. Salah satunya dengan mengkonsumsi sereal atau buah-buahan. Pada waktu makan siang, konsumsilah makanan yang mengandung protein dan sayuran. Saat malam hari tambahkan susu dalam menu makan Anda.

Hindari Stres

Pikiran stres akan membuat Anda tertekan sehingga hal ini akan berdampak terhadap kesehatan fisik dan menguras banyak energi. Dalam menjalani keseharian menjadi ibu baru, cobalah untuk lebih rileks dan menikmati setiap proses yang Anda jalani. Dengan begitu maka akan terasa lebih menyenangkan.

Olahraga

Disela-sela padatnya aktivitas harian menjadi ibu baru, jangan lupa untuk menyempatkan berolahraga sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, lari santai ataupun yoga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517