Kiat Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Alami

Beberapa jenis penyakit sangat rentan menginfeksi pada musim hujan. Salah satu penyakit ringan yang rentan menyerang si kecil pada musim hujan yaitu flu dan pilek . Pada dasarnya perubahan cuaca adalah salah satu faktor yang menyebabkan bayi pilek. Biasanya pilek menyebabkan hidung bayi tersumbat akibat banyak cairan yang menumpuk. Hidung tersumbat yang dialami bayi diakibatkan oleh peradangan pembuluh darah sehingga mengalami pembengkakan yang menghambat cairan di dalam hidung.

Ketika bayi pilek dan kesulitan untuk bernafas tentunya akan membuat Anda khawatir dan bahkan tidak tega melihatnya. Bayi yang masih menyusu akan kesulitan untuk menghisap puting payudara sehingga ASI yang diperoleh tidak akan maksimal. Oleh karena itu ketika si kecil pilek sebaiknya segera dilakukan penanganan dengan cara yang benar sehingga masalah seperti ini tidak akan mengganggu kenyamanan dan perkembangan si kecil. Mengatasi pilek pada bayi secara alami bukan perkara yang sulit apabila Anda megetahui cara dan langkah yang tepat.

Berikut Beberapa Kiat Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Alami

  • Pijatan lembut pada hidung bayi

Salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat akibat pilek yaitu dengan cara melakukan pijatan lembut pada hidung bayi. Caranya yaitu pijat halus bagian atas hidung bayi di dekat alis dengan menggunakan minyak telon. Pijatan ini bermanfaat untuk membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Selain itu, untuk membantu mengeluarkan lendir yang ada di dalam hidung, Anda bisa menekan dengan hati-hati sampai lendir keluar.

  • Teknik penguapan secara alami

Penguapan secara alami bisa membantu meredakan pilek pada bayi. Teknik penguapan secara alami bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu dengan menggunakan air hangat yang ditetesi oleh minyak telon. Udara dari air hangat tersebut akan membantu melegakan hidung tersumbat pada bayi.

  • Posisikan tidur bayi dengan benar

Pada waktu bayi pilek sebaiknya Anda memposiskan bayi dengan benar paa waktu tidur. Hal ini bertujuan untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat sehingga bayi bisa bernafas dengan baik. Apabila salah satu lubang hidung bayi mengalami penyumbatan maka sebaiknya Anda memposisikan tidur bayi dengan posisi miring sehingga bayi akan merasa lebih nyaman dan perlahan-lahan cairan yang menyumbat hidung akan berkurang.

  • Menjaga suhu tubuh bayi

Anda harus senantiasa menjaga keseimbangan suhu tubuh bayi pada waktu pilek. Usahakan supaya tubuh bayi dalam kondisi hangat untuk membantu melegakan penyumbatan pada hidung. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu memandikan bayi menggunakan air hangat atau menjemur bayi pada pagi hari. Selain itu, perhatikan suhu ruangan tempat tidur bayi agar tidak terlalu dingin. Hindari penggunaan AC di kamar tidur si kecil karena bisa membuat kondisinya semakin parah. Gunakan selimut yang lembut dan tebal pada waktu si kecil tidur sehingga tubuhnya akan senantiasa hangat.

Apabila kondisi si kecil tidak kunjung membaik setelah Anda memberikan penanganan secara alami, maka sebaiknya segera hubungi dokter. Jangan membiarkan si kecil terlalu lama dengan gangguan kesehatan seperti ini karena akan membuatnya tidak nyaman sehingga berdampak buruk terhadap perkembangannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517