Kiat Mengatasi Kebiasaan Sering Lupa Pada Waktu Hamil

Memasuki masa kehamilan, banyak hal yang mempengaruhi kondisi ibu hamil. Bahkan dengan adanya perubahan tersebut sebagian ibu hamil kerap kali merasakan keluhan sering lupa. Ibu hamil cenderung mendadak menjadi seseorang yang sangat pelupa. Kondisi tersebut disebut dengan istilah mamnesia. Lalu adakah cara untuk mengatasi sering lupa pada ibu hamil?

Faktor penyebab mamnesia yaitu adanya perubahan hormon dan menyusutnya ukuran yang terdapat pada sel-sel otak. Nah, sel-sel otak tersebut akan kembali membesar mendekati persalinan sekitar 2 minggu menjelang proses tersebut. Kondisi ini baru akan kembali normal beberapa minggu setelah persalinan.

Kondisi mamnesia sendiri menggambarkan perubahan mental yang terjadi selama kehamilan dan awal kelahiran. Nah, kejadian ini ditandai dengan adanya gangguan pada memori sehingga tidak memiliki kemampuan yang logis untuk berfikir logis. Penurunan daya memori tersebut lebih sering terjadi pada tahap kedua dan ketiga kehamilan. Kondisi ini bisa bertahan lama dan pada sebagian kasus kembali membaik setelah persalinan.

Kejadian ini seringkali terjadi terhadap hal-hal yang sepele seperti lupa menaruh kunci atau bahkan Anda melupakan janji yang sudah direncanakan. Pada kondisi yang lebih serius terkadang sekali waktu Anda lupa dengan nama orang yang sebenarnya sudah Anda kenal sebelumnya. Bahkan nama suami saja bisa lupa.

Kondisi ini sebenarnya merupakan hal yang wajar, namun jika dibiarkan bisa membuat orang disekitar Abnda merasa jengkel ketika memiliki janji dengan Anda. Maka dari itu dalam hal ini Anda perlu mencari solusi untuk menyiasati keadaan tersebut. Lalu cara apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut? Berikut ini penulis akan sedikit memberikan tips dan saran yang diharapkan bisa membantu Anda!

Baca Juga:  Benarkah Berenang Untuk Ibu Hamil Berbahaya?

Berikut Kiat Untuk Menyikapi Gejala Mamnesia

  1. Simpanlah barang-barang penting di dalam tempat yang tertata rapih. Biasanya barang kecil yang sering Anda lupakan seperti kunci ataupun dompet.
  2. Buatlah catatan kecil mengenai kegiatan yang akan Anda lakukan. Terutama jika Anda memiliki janji sebaiknya membuat alarm atau catatan kecil sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengingatnya.
  3. Biasakan untuk fokus pada diri Anda dan hindari aktivitas yang bisa memicu stres karena bisa memperparah kondisi mamnesia yang Anda derita sewaktu hamil. Pada dasarnya Anda jangan terlalu sibuk dan berbagi tugaslah dengan suami Anda.
  4. Perbanyaklah waktu untuk beristirahat sehingga fokus Anda lebih terjaga dengan baik. Biasakan untuk meluangkan waktu beristirahat di siang hari dan hindari terjaga di malam hari.
  5. Hindari mengkonsumsi suplemen untuk otak. Alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi dengan pakar kesehatan atau dokter.

Nah, begitulah cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir mamnesia. Cara sederhana tersebut setidaknya bisa sedikit mengurangi kebiasaan pelupa Anda pada waktu hamil. Untuk menjaga fokus dan konsentrasi otak, Anda juga perlu menunjangnya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Perbanyak pula konsumsi air putih.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517