Kiat Menerapkan Pola Tidur Sehat Bayi 1 Bulan

Secara umum pola tidur bayi berbeda-beda sesuai dengan tahap usia perkembangannya. Biasanya bayi yang baru lahir memiliki kebiasaan waktu tidur lebih sering. Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 10 – 18 jam setiap harinya. Pada usia 0 -10 bulan mungkin Anda kesulitan untuk menentukan waktu tidur si kecil sebab pola tidurnya tidak menentu.

Tidur pada bayi terbagi kedalam dua fase yaitu fase aktif dan non aktif. Pada dasarnya bayi yang baru lahir lebih banyak menghabiskan fase aktif dengan persentase 50%. Untuk mengenali pola tidur bayi yang baru lahir, Anda bisa mengenali tanda-tanda mengantuk pada bayi. Biasanya bayi yang baru lahir memiliki waktu interaksi yang terbatas.

Salah satu hal penting yang perlu Anda ajarkan pada bayi dalam menerapkan pola tidur sehat yaitu memperkenalkan perbedaan siang dan malam. Nah, caranya yaitu dengan mengajak si kecil untuk berinteraksi lebih lama pada waktu siang hari dibandingkan malam hari. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil maka secara perlahan akan mengenali perbedaan tersebut.

Bayi akan mengenali waktu malam untuk beristirahat lebih lama daripada waktu siang. Tidur nyenyak pada bayi sangat berguna dalam menunjang tumbuh kembangnya. Pola tidur sehat dan berkualitas akan membuat tumbuh kembang si kecil lebih baik sehingga tidak ada hambatan atau gangguan.

Pola tidur sehat akan meningkatkan sistem imun si kecil dan membantu mengoptimalkan perkembangan otak sejak dini. Sekitar 75% hormone pertumbuhan bekerja ketika bayi sedang tidur. Bayi yang tidak mendapatkan waktu tidur cukup biasanya akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh dan cenderung lebih lambat dalam berkembang.

Berikut Kiat Untuk Menerapkan Pola Tidur Bayi 1 Bulan

Bagi Anda yang kesulitan untuk menerapkan pola tidur sehat pada bayi 1 bulan, berikut ini kami akan berbagi tipsnya!

  • Pastikan kebutuhan si kecil tercukupi seperti makan, minum ataupun ASI sehingga tidak akan kelaparan pada malam hari yang bisa mengganggu tidurnya.
  • Periksa popok dan pastikan dalam keadaan bersih serta kering. Popok yang basah akan membuat si kecil tidak nyaman.
  • Melatih bayi tidur secara beratahap sesuai dengan usia pertumbuhannya.
  • Kenali setiap gerakan bayi ketika mulai mengantuk. Dalam hal ini Anda harus lebih peka sehingga si kecil bisa langsung mendapatkan waktu istirahat yang tepat.
  • Kenalkan perbedaan siang dan malam pada bayi melalui kebisingan ataupun cahaya terang. Dengan mengenali perbedaan siang dan malam maka si kecil akan mendapatkan waktu tidur yang baik pada malam hari.
  • Bayi yang baru lahir cenderung lebih banyak tidur. Ketika terbangun maka segera berikan ASI supaya kembali tidur dengan nyenyak.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan pola tidur sehat untuk bayi usia 1 bulan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This