Kiat Mencegah Karies Gigi Pada Anak

Kesehatan gigi anak perlu mendapat perhatian dengan serius. Mengingat pada masa-masa tersebut anak-anak sangat rentan terkena berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut. Disamping itu, anak-anak mempunyai kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan manis sehingga memicu kerusakan pada gigi.

Kebiasaan baik untuk senantiasa menjaga kebersihan gigi harus diajarkan pada anak sejak usia dini. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan gigi yang bisa berdampak terhadap tumbuh kembang anak. Tidak bisa dipungkiri bahwa gigi merupakan salah satu bagian dari organ pencernaan yang berfungsi dalam memotong makanan sebelum masuk ke dalam lambung.

Jika kesehatan gigi terganggu maka secara otomatis, proses penyerapan nutrisi di dalam usus tidak akan berlangsung optimal. Gigi karies pada anak tentunya diakibatkan oleh kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan dan malas untuk sikat gigi.

Mencegah Karies Gigi Pada Anak

Karies gigi bisa dicegah dengan menerapakan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan gigi. Berikut kiat-kiat untuk mencegah karies gigi pada anak.

  • Rutin membersihkan gigi anak

Untuk mencegah gigi karies pada anak, biasakan untuk menjaga kebersihan gigi anak setelah makan. Jika si kecil masih mendapatkan ASI, bersihkan mulut dan giginya menggunakan kain lembut yang dibasahi air setelah menyusu. Jika si kecil sudah menginjak usia balita, mulailah untuk mengajarkan kebiasaan dalam menyikat gigi.

  • Pemeriksaan secara rutin

Untuk mencegah masalah pada gigi dan mulut, lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter spesialis gigi. Hal ini untuk mencegah dan mendeteksi masalah pada gigi sejak dini.

  • Mengajarkan kebiasaan baik

Mulailah untuk mengajarkan kebiasaan baikpada anak untuk menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. BIasakan supaya si kecil menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur dan setelah sarapan pagi.

  • Batasi makanan manis

Anak-anak sangat identik dengan makanan manis seperti coklat dan permen. Hal ini tentunya memicu kerusakan gigi lebih cepat. Nah, untuk mencegah hal tersebut, Anda harus bisa membatasi konsumsi makanan manis pada anak. Jika si kecil meminta makanan tersebut, sebisa mungkin alihkan dengan makanan lain yang lebih sehat.

  • Jangan memberikan makanan manis sebelum tidur

Usahakan supaya sin kecil tidak mengkonsumsi makanan manis sebelum tidur. Kalaupu sudah terlajur, maka ajak si kecil untuk menggosok gigi terlebih dahulu sebelum pergi tidur.

Nah, demikian kiat-kiat dalam mencegah gigi karies pada anak. Menjaga kesehatan gigi memang gampang-gampang susah. Kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan gigi harus ditanamkan pada anak sejak dini supaya menjadi kebiasaan ketika dewasa. Secara otomatis, hal tersebut menjadi salah satu cara untuk mencegah karies gigi pada anak yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatannya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517