Kiat Memilih Makanan Setelah Melahirkan

Setelah menjalani proses persalinan, seorang wanita membutuhkan waktu untuk proses pemulihan agar kondisi dan fungsi organ tubuhnya kembali normal seperti biasanya. Secara umum proses pemulihan pasca melahirkan membutuhkan waktu sekitar 40 hari. Waktu tersebut biasa disebut dengan masa nifas. Nah, dalam kurun waktu tersebut membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk proses pemulihan dari dalam dan mengembalikan energi. Lalu apa saja makanan setelah melahirkan yang dianjurkan? Tentunya sejumlah makanan yang mengandung zat gizi seimbang meliputi vitamin, protein maupun mineral.

Makanan pasca melahirkan hendaknya mengandung salah satu jenis mineral penting seperti zat besi. Hal ini karena pada proses persalinan, ibu hamil kehilangan banyak darah. Nah, zat besi merupakan salah satu mineral yang berperan penting dalam membantu pembentukan sel darah merah. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan sederhana seperti sayuran, buah-buahan maupun daging tanpa lemak.

Berikut Daftar Makanan Sehat Pasca Melahirkan

  1. Sayuran hijau

Untuk memperoleh asupan zat besi, konsumsilah jenis sayuran hijauĀ  seperti buncis, brokoli, bayam dan jenis sayuran hijau yang lainnya. Secara umum sayuran hijau mengandung zat besi, anktioksidan maupun vitamin C untuk membantu pembentukan hemoglobin.

  1. Jeruk

Buah berwarna orange ini memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi untuk membantu mengembalikan energi dan pemulihan tubuh pasca melahirkan. Kebutuhan vitamin C bagi wanita pasca melahirkan sangat tinggi untuk proses pemulihan.

  1. Gandum

Untuk mengembalikan energi pasca melahirkan, konsumsilah makanan dari olahan gandum. Seperti yang kita ketahui bahwa gandum merupakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, gandum juga mengandung folat dan zat besi yang berguna untuk menunjang proses pemulihan serta menyusui.

  1. Susu

Mengkonsumsi susu setelah melahirkan merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan membantu produksi ASI.

  1. Sumber makanan omega-3

Makanan yang mengandung omega-3 berguna bagi Anda untuk proses pemulihan pasca melahirkan. Omega-3 berperan penting dalam membantu mengatasi depresi pasca melahirkan dan mengembalikan fungsi otak. Selain itu, nutrisi tersebut berguna untuk menunjang perkembangan otak bayi.

  1. Protein

Makanan sehat pasca melahirkan yang selanjutnya yaitu jenis makanan yang mengandung protein seperti daging sapi tanpa lemak, keju ataupun yoghurt. Manfaatnya yaitu untuk membantu pemulihan sel-sel tubuh pasca melahirkan dan membantu perkembangan otak. Disamping itu, protein berfungsi untuk memberikan efek tenang pada otak.

  1. Air putih

Perbanyaklah konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi dan menunjang sirkulasi darah. Air putih berguna dalam mengatasi kelelahan. Disarankan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

Demikian beberapa saran sumber makanan yang bisa Anda konsumsi setelah melahirkan guna menunjang prosuksi ASI dan mengembalikan kebugaran tubuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517