Kiat Memilih Mainan Untuk Bayi Sesuai Tahapan Usia

Seperti layaknya makanan atau pakaian, dalam memilih mainan untuk si kecil harus selektif dan disesuaikan dengan tahapan usianya. Hal yang paling penting dan harus benar-benar diperhatikan oleh semua orangtua ketika memberikan mainan untuk bayi adalah aspek keamanan. Hindari mainan yang mengandung bahan kimia dan bisa melukai si kecil.

Peran Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk memilih mainan bayi yang tepat sehingga bisa menghibur si kecil tanpa membahayakannya.  Pada kesempatan ini penulis akan berbagi kiat dalam memilih mainan yang tepat sesuai dengan tahapan usia si kecil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya.

  1. Usia 0 – 12 bulan

Bayi yang baru lahir pada umumnya belum memiliki pergerakan yang aktif dan belum memiliki kemampuan untuk meraih benda-benda di sekitarnya. Mainan yang bisa Anda pilih untuk si kecil yaitu mainan yang mengeluarkan bunyi  dan memiliki warna yang mencolok. Mainan tersebut bisa Anda gantungkan dengan jarak yang tidak terlalu jauh karena ljarak pandang bayi yang baru lahir kurang lebih hanya 30 cm.

Ketika si kecil sudah menginjak usia 6 – 11 bulan, perkembangan motoriknya sudah semakin meningkat dan bahkan si kecil sudah bisa duduk, merangkak serta berusaha meraih benda atau mainan yang ada disekitarnya. Anda bisa memberikan mainan yang bisa digenggam dan mengeluarkan bunyi seperti boneka kecil. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan yang bisa di gigit. Akan tetapi dalam memberikan mainan yang di gigit, Anda harus memastikan bahwa mainan tersebut benar-benar aman dan terbebas dari bahan kimia serta steril.

  1. Usia 1 tahun

Menginjak usia 1 tahun, perkembangan si kecil sudah semakin pesat, salah satunya yaitu sudah memiliki kemampuan untuk berdiri dan berjalan. Dalam memilih mainan bayi usia 1 tahun, Anda bisa memberikan mainan yang mengeluarkan bunyi ataupun bergerak seperti mobil-mobilan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan balok yang bisa di susun dan ditumpuk.

  1. Usia 2 -3 tahun

Anak balita usia 2 – 3 tahun tentunya sudah memiliki pergerakan yang aktif dan sudah bisa berlari ksana kemari. Anda bisa memilih mainan untuk bayi usia 2 -3 tahun yaitu dengan memberikan bola kecil yang bisa di lempar. Dalam hal ini Anda bisa mengajak si kecil untuk melakukan permainan lempar bola. Perhatikan keamanan dari bola yang Anda berikan untuk si kecil.

  1. Usia 4 – 5 tahun

Usia 4 – 5 tahun tentunya si kecil sudah memilki kemampuan untuk berbicara, berlari dan bergerak dengan sangat aktif. Pada tahapan ini rasa ingin tahu si kecil sudah semakin tinggi. Anda bisa memberikan mainan yang bisa menstimulus otak si kecil seperti memberikan puzzle. Permainan yang satu ini sangat cocok untuk melatih kemampuan berpikir dan kesabaran si kecil. Peran Anda sebagai orangtua ketika memberikan mainan yang satu ini yaitu mengawasinya dan mengarahkan si kecil ketika benar-benar kesulitan.

Demikian sekilas tentang kiat memberikan mainan untuk bayi sesuai dengan tahapan usianya. Yang paling penting dan harus diperhatikan yaitu aspek keamanan dari mainan tersebut. Pastikan mainan yang diberikan untuk si kecil tidak akan melukai dan tidak mengandung bahan kimia.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517