Kiat Memberikan Makanan Bayi Dalam Kondisi Darurat

Negara kita termasuk salah satu negara yang rentan terkena bencana, baik itu banjir, longsor ataupun gunung meletus. Menghadapi kondisi tersebut hendaknya kita senantiasa waspada karena bencana bisa datang kapan saja. Terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai bayi atau balita. Secara umum bayi dan balita masih sangat rentan terkena penyakit sehingga diperlukan kesigapan dalam memberikan makanan bayi dalam kondisi darurat.

Semua orang tentunya tidak mengaharapkan adanya kejadian yang membahayakan seperti bencana. Tapi keadaan tersebut bukan kehendak manusia melainkan sudah ada yang mengatur. Dalam hal ini kita sebqagai manusia harus lebih waspada. Bagi Anda yang mempunyai anak maka perlu mendapat perhatian ketika terjadi bencana yaitu kebersihan dan makanan untuk bayi.

Makanan buat bayi menjadi salah satu faktor penunjang untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Meskipun dalam keadaan darurat, bayi harus tetap mendapatkan asupan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatannya. Sebab jika faktor gizi terabaikan sangat rentan mengakibatkan si kecil kekurangan nutrisi dan pertumbuhannya terganggu.

Tips Memberikan Makanan Bayi Dalam Kondisi Darurat

  1. Menyusui bayi dalam keadaan darurat

Ketika terjadi bencana tentunya mengharuskan Anda untuk berada ditempat pengungsian. Hal ini tentunya memaksa Anda menggunakan fasilitas seadanya. Namun meeskipun demikian Anda harus tetap memberikan ASI untuk si kecil. Berikut tipsnya!

  • Jika si kecil sudah berusia diatas 6 bulan maka Anda bisa memberikan susu formula. Dalam mempersiapkan susu formula dengan keadaan serba terbatas, yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan dari botol susu dan air yang digunakan.
  • Jika memungkinkan, lebih baik Anda tetap memberikan ASI untuk si kecil sebab kandungan nutrisi ASI lebih lengkap dan memiliki antibody yang berguna untuk menjaga kesehatan si kecil.
  • Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit pada bayi, usahakan untuk senantiasa menjaga kebersiahn dari semua peralatan bayi.
  1. Memberikan MPASI

Apabila anak Anda sudah mendapatkan ASI secara ekslusif dan sudah mendapatkan MPASI, maka berikut ini tips ketika dalam keadaan darurat:

  • Jangan memmberikan MPASI pada bayi sebelum berusia 6 bulan. Jangan karena dalam kondisi darurat, Anda mengabaikan konsup ASI dan MPASI. Pemberian MPASI hanya dianjurkan bagi bayi usia 6 bulan keatas.
  • Usulkan pada petugas supaya Anda dan ibu-ibu lain yang sedang memiliki anak balita untuk mendapatkan bantuan makanan pendamping ASI (MPASI) yang berkualitas.
  • Perhatikan setiap peralatan yang akan digunakan untuk memberikan MPASI bagi ai kecil. Kebersihan sangat penting dan menjadi penunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi.
  • Kandungan gizi dari setiap makanan yang akan diberikan untuk si kecil penting sekali diperhatikan. MPASI hendaknya kaya akan kandungan nutrisi untuk menunjang perkembangan bayi.

Nah, sekian tips untuk Anda dalam memberikan makanan bayi ketika dalam keadaan darurat. Kebersihan dan kandungan gizi merupakan dua faktor penting yang perlu Anda perhatikan.

Related Posts

Share This