Kiat Cerdas Memilih Baju Untuk Ibu Hamil

Banyak hal yang harus dipersiapkan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Salah satu kebutuhan ibu hamil yang sangat penting yaitu baju hamil. Kondisi perut yang semakin membesar mengharuskan ibu hamil memilih ukuran baju yang lebih besar dari sebelumnya. Pemilihan baju yang tepat sangat penting untuk menunjang kenyamanan Anda dalam menjalani kehamilan dan menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Pada usia kehamilan trimester pertama mungkin kondisi perut belum terlalu membesar sehingga Anda masih bisa mengenakan baju yang biasa di pakai sehari-hari. Namun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, Anda sudah harus meninggalkan baju-baju tersebut. Pada dasarnya dalam memilih baju ibu hamil harus mengutamakan tingkat kenyamanan dan keamanan pada waktu digunakan.

Anda tidak perlu mengenakan baju untuk ibu hamil seperti pada umumnya yaitu berupa rok panjang. Yang terpenting dalam memilih baju pada waktu hamil adalah nyaman saat digunakan dan tidak membahayakan janin di dalam kandungan. Anda bisa memilih baju hamil sesuai dengan selera dan model yang diinginkan.

Pada waktu hamil proses metabolisme di dalam tubuh akan berlangsung lebih tinggi dari biasanya sehingga Anda akan lebih mudah berkeringat. Untuk mengatasi hal tersebut, pilihlah baju hamil yang tidak terlqalu ketat dengan bahan dasar yang bisa menyerap keringat. Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk memilih baju dengan bahan dasar katun.

Dalam memilih baju hamil, sebaiknya Anda membeli sesuai dengan kebutuhan. Jangan memberi baju hamil terlalu banyak karena setelah proses persalinan mungkin baju-baju tersebut tidak akan terpakai lagi. Hal ini bertujuan untuk menghemat biaya dan pengeluaran Anda menjelang proses persalinan.

Selain baju, Anda juga harus memperhatikan pemilihan celana yang tepat untuk dikenakan pada waktu hamil. Hindari membeli dan memakai celana ketat karena bisa menghambat aliran darah pada bagian kaki sehingga mengakibatkan varises. Selain itu, gunakanlah celana dalam dengan ukuran yang lebih besar dan tidak ketat. Pilihlah celana dalam yang menggunakan bahan dasar katun sehingga tidak menimbulkan rasa panas dan keringat.

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka akan terjadi perubahan pada bagian bentuk tubuh yang lainnya seperti pada payudara. Maka dari itu, gunakanlah bra dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya sehingga lebih nyaman dan tidak sesak. Pilihlah bra yang bisa menopang payudara dan tidak menekan bagian puting.

Jika Anda ingin bepergian keluar, pilihlah sandal atau sepatu yang datar. Hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi karena sangat beresiko terjatuh dan membahayakan janin. Selain itu, sepatu hak tinggi bisa mengakibatkan kram dan varises. Jika kehamilan sudah memasuki tahap akhir sebaiknya pilihlah sepatu dengan ukuran yang lebih besar supaya aliran darah tidak terhambat.

Related Posts

Share This