Kiat Ampuh Menjaga Berat Badan Ideal Saat hamil

Setiap orang mendambakan berat badan ideal. Bukan pemandangan yang mengherankan jika untuk mendapatkan hal tersebut banyak orang melakukan berbagai cara. Permasalahan berat badan yang berlebih tentunya akan berdampak terhadap kesehatan. Terlebih lagi jika kelebihan berat badan terjadi saat hamil. Kondisi tersebut bisa berdampak terhadap janin di dalam kandungan. Untuk mendapatkan berat badan ideal saat hamil, diperlukan pola hidup sehat dan komitmen yang kuat.

Agar berat badan ibu ideal saat hamil, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Diantaranya yaitu dengan menerapkan pola makan sehat, teratur dan menu seimbang. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan aktivitas sehat seperti olahraga khusus ibu hamil.

Berikut Kiat Menjaga Berat Badan Saat Hamil

  • Pola makan

Nah, salah satu kiat menjaga berat badan saat hamil yaitu dengan menerapkan pola makan teratur dan seimbang. Tidak bisa dipungkiri bahwa pada usia kehamilan trimester kedua nafsu makan ibu hamil akan meningkat. Hal ini karena gejala mual dan muntah yang terjadi pada awal kehamilan secara perlahan akan menghilang. Jika tidak terkontrol maka peningkatan nafsu makan tersebut akan berdampak terhadap kenaikan berat badan.

Supaya berat badan Anda tetap ideal, biasakan untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi secukupnya dan memiliki kandungan gizi seimbang. Hindari jenis makanan yang bisa mempercepat kenaikan berat badan seperti makanan dengan kandungan lemak tinggi.

  • Konsumsi cemilan sehat

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan ngemil, mulai saat ini sebaiknya menjauhkan cemilan tidak sehat dari kebiasaan Anda. Pilihlah jenis cemilan yang sehat dan tidak akan merugikan kesehatan. Anda bisa mengganti cemilan dengan mengkonsumsi buah-buahan, yoghurt, puding ataupun salad buah. Dengan begitu berat badan Anda selama hamil akan tetap terjaga.

  • Jangan makan terburu-buru

Dalam mengkonsumsi makanan sebaiknya Anda mengunyah dengan baik dan jangan terburu-buru. Kebiasaan makan terburu-buru merupakan salah satu pemicu peningkatan berat badan. Maka dari itu biasakanlah untuk makan dengan santai sehingga kesehatan Anda dan janin didalam kandungan tidak akan mengalami gangguan.

  • Olahraga

Pada waktu hamil sebaiknya Anda jangan malas untuk bergerak. Biasakan untuk menyempatkan diri berolahraga setiap harinya. Minimal Anda berolahraga 2 kali dalam seminggu. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan sangat mudah. Salah satu contohnya yaitu jalan santai, yoga dan peregangan. Dengan begitu tidak akan terjadi peningkatan berat badan secara signifikan yang bisa membahayakan kesehatan selama hamil.

  • Makan dengan porsi seimbang

Pada waktu hamil, Anda memang harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk 2 orang. Nah, dalam mengartikan hal tersebut Anda harus bersikap bijak. Jangan karena harus mencukupi kebutuhan untuk tubuh danĀ  janin, Anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini tentunya tidak benar karena akan berdampak terhadap kenaikan berat badan. Makanlah dengan teratur dan porsi yang seimbang untuk mendapatkan berat badan ideal.

Related Posts

Share This