Kiat Ampuh Mengatasi Demam Pada Anak

Demam merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Banyak faktor penyebab demam pada anak seperti kondisi cuaca, faktor lingkungan dan imunitas tubuh. Pada dasarnya demam bukan merupakan suatu penyakit, melainkan reaksi dari sistem imun dalam menangkal berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Demam tidak membahayakan selama tidak mengakibatkan dehidrasi, kejang atau hilang kesadaran. Anda tidak perlu khawatir ketika si kecil terkena demam. Tindakan yang perlu Anda lakukan yaitu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dan hindari memberikan obat-obatan tanpa anjuran dokter. Mengatasi demam pada anak bisa dilakukan dengan cara alami. Jika menggunakan obat-obatan maka akan merusak sistem imun sehingga si kecil lebih mudah terkena penyakit.

Pertolongan Pertama Mengatasi Demam Pada Anak

  1. Kenali gejala/penyebab demam

Langkah pertama dalam mengatasi anak demam yaitu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu untuk memudahkan Anda dalam memberikan penanganan. Pada umumnya demam pada anak disebabkan oleh virus. Gejala yang dirasakan oleh anak yaitu lesu, batuk, pilek dan bahkan disertai diare. Biasanya demam tinggi akan terjadi pada si kecil ketika hari pertama dan kedua. Kemudian pada hari selanjutnya suhu tubuh si kecil akan mengalami peningkatan, namun tidak ekstrem seperti hari pertama. Kondisi seperti ini tidak memerlukan obat-obatan. Anda hanya perlu mengompres untuk menurunkan suhu tubuh si kecil.

  1. Selalu periksa suhu tubuh

Ketika si kecil terkena demam, Anda harus senantiasa mengontrol suhu tubuhnya menggunakan thermometer. Jika panas tubuhnya melebihi batas normal maka tindakan pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengompres dan memberikan asupan cairan supaya terhindar dari dehidrasi.

  1. Kompres menggunakan air hangat

Salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh si kecil, kompres dengan menggunakan air hangat. Jangan pernah menggunakan air dingin/es dan alkohol untuk menurunkan suhu tubuh ketika demam karena akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

  1. Obat penurun panas yang aman

Anda bisa memberikan obat penurun panas untuk si kecil disesuaikan dengan tahapan usianya. Salah satu jenis obat penurun panas yang dianggap aman untuk anak yaitu parasetamol. Namun meskipun begitu, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidakn diharapkan.

  1. Bawa ke dokter

Jika kondisi kesehatan si kecil tidak kunjung membaik setelah dilakukan penanganan dan suhu tubuhnya masih tinggi, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Jika demam dibiarkan terlalu lama maka dikhawatirkan akan menyebabkan dehidrasi dan gangguan kesehatan lain.

Itulah beberapa langkah dalam memberikan pertolongan pertama untuk anak ketika demam. Untuk mencegah dehidrasi, Anda harus menjaga asupan cairan untuk si kecil dengan memberikan minum ataupun makanan yang memiliki kandungan air cukup tinggi seperti buah-buahan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This