Kiat Ampuh Agar Bayi Tidur Nyenyak Pada Malam Hari

Pada bahasan sebelumnya kita memberikan ulasan mengenai cara membuat bayi tertidur lelap pada malam hari. Nah, selanjutnya saya akan memberikan beberapa kiat untuk menjaga agar bayi tetap tertidur nyenyak sepanjang malam. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tidur bukanlah aktivitas yang bisa dipaksakan pada bayi. Akan tetapi tidur harus dinikmati oleh bayi secara alamiah. Dalam hal ini peran Bunda sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana dan kondisi yang menyenangkan bagi bayi sehingga dia akan tertidur nyenyak. Ketika Bunda berhasil membuat bayi tertidur nyenyak, maka tugas Bunda selanjutnya yaitu menjaga supaya bayi tetap tertidur nyenyak sepanjang malam.

Bayi Tidur Nyenyak

Beberapa Kiat Untuk Menjaga Bayi Agar Tetap Tertidur Nyenyak Sepanjang Malam

  • Posisi tidur yang aman dan nyaman bagi bayi

Langkah pertama untuk menjaga agar bayi tetap tertidur nyenyak sepanjang malam yaitu dengan memposisikan tidur bayi dengan posisi yang aman dan nyaman. Dengan begitu bayi tidak akan terbangun pada malam hari. Posisi terlentang dianggap sebagai salah satu posisi yang paling aman bagi bayi selama sembilan bulan pertama.

  • Pastikan bayi dalam kondisi kenyang sebelum tertidur

Kondisi perut yang lapar akan membuat bayi sering terbangun pada malam hari sehingga tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Maka dari itu, Bunda harus memastikan bayi merasa kenyang sebelum tidur. Berikan makanan atau ASI sampai bayi benar-benar merasa kenyang sebelum tidur. Ketika bayi merasa kenyang maka akan tertidur pulas sepanjang malam.

  • Menciptakan tempat tidur yang nyaman bagi bayi

Supaya bayi tetap tertidur nyenyak sepanjang malam, Bunda harus memberikan tempat tidur yang benar-benar nyaman bagi bayi. Pastikan bayi tidak akan terganggu dengan suara-suara gaduh seperti musik atau suara gaduh lainnya. Tempatkan bayi di dalam ruangan yang tidak berisik. Kondisi ruangan yang tenang akan meminimalisir bayi untuk terbangun pada malam hari.

  • Kenakan pakaian tidur yang nyaman bagi bayi

Busana atau pakaian tidur juga akan memberikan pengaruh bagi bayi ketika tidur. Pakaian tidur yang tidak tepat akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Pastikan baju yang dipakai si kecil tidak akan membuatnya kepanasan ataupun kedinginan sehingga akan mengganggu tidurnya. Bunda harus mengenakan bajui yang tepat untuk si kecil sehingga dia akan merasa nyaman sepanjang malam.

  • Memberikan tempat tidur bergerak (ayunan)

Sebagian bayi biasanya lebih nyaman ketika tertidur di pangkuan sang Bunda sehingga ketika diletakkan pada tempat tidur akan menangis. Nah, untuk mengatasi hal tersebut supaya bayi tidak terbangun pada malam hari sebaiknya Anda memberikan tempat tidur bergerak seperti ayunan bagi bayi. Ayunan sangat bermanfaat untuk menjaga agar bayi tetap tertidur nyenyak sepanjang malam. Hal ini karena bayi akan merasa berada di pangkuan sang Bunda sehingga bayi akan merasa tetap nyaman.

Itulah beberapa kiat yang bisa Bunda praktekan untuk menjaga agar bayi tetap tertidur nyenyak sepanjang malam. Hal yang paling utama untuk menjaga bayi supaya tidur nyenyak sepanjang malam yaitu menciptakan suasana yang nyaman bagi bayi.

Related Posts

Share This