Kiat Agar Si Kecil Mau Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat merupakan salah satu komponen yang penting untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan sehat maka akan berdampak positif terhadap kondisi kebugaran dan terhindar dari resiko penyakit. Kebiasaan untuk mengonsumsi makanan sehat sebaiknya diajarkan pada anak sejak dini untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Disamping itu, makanan sehat akan mencegah berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan jenis penyakit lainnya.

Namun terkadang, mengajarkan anak untuk mengonsumsi makanan sehat bukan perkara yang mudah. Seringkali anak-anak pilah pilih jenis makanan sehingga dalam hal ini Anda harus memiliki trik khusus. Makanan sehat terutama buah dan sayur memang tidak begitu disukai anak-anak. Makanan yang cenderung disukai anak ialah makanan manis dengan tampilan menarik seperti permen, cokelat dan jenis kue.

Mengingat pentingnya makanan sehat untuk anak, berikut ini penulis merangkum beberapa kiat supaya anak mau mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selengkapnya berikut ini.

Jadilah Contoh Yang Baik

Supaya si kecil mau mengonsumsi makanan sehat sejak dini maka salah satu cara yang sebaiknya Anda lakukan yaitu memberikan contoh yang baik bagi anak. Adna sebagai orangtua hendaknya menjadi panutan. Agar anak mau makan sayur maka Anda harus memberikan contoh dengan mengonsumsi sayur setiap kali makan. Sajikan olahan sayur secara beragam dan bervariasi. Dengan begitu maka secara perlahan si kecil akan mencontoh kebiasaan yang Anda lakukan.

Makan Bersama

Usahakan untuk selalu makan bersama sehingga untuk mengarahkan anak dalam mengkonsumsi makanan sehat akan lebih mudah. Sediakan makanan sehat dan ajak anak untuk mengonsumsinya. Memberikan contoh langsung diatas meja makan terbilang cukup efektif dalam menarik minat anak supaya mengkosumsi makanan sehat. Perlahan-lahan hal ini akan menjadi kebiasaan baik hingga anak dewasa.

Sediakan Makanan Sehat

Anak-anak cenderung akan mengkonsumsi makanan apa saja ketika lebih banyak diam di rumah. Maka dari itu untuk menjaga asupan nutrisi tubuhnya, sediakan selalu makanan sehat berupa cemilan. Anda bisa mengolah sayuran ataupun buah-buahan menjadi cemilan sehat untuk si kecil. Secara tidak langsung hal ini merupakan salah satu upaya untuk menerapkan cara hidup sehat pada anak dalam mengonsumsi makanan.

Libatkan Si Kecil

Agar anak terbiasa mengonsumsi makanan sehat maka sebaiknya berikan peran dan libatkan dalam pemilihan makanan. Ajak si kecil untuk berbelanja dan mengolah makanan. Nah, dengan begitu maka si kecil akan merasa penasaran dengan apa yang sudah disiapkan. Cara seperti ini akan menarik minat dan meningkatkan nafsu makan anak.

Hindari Perdebatan Akibat Makanan

Hindari konflik seputar pemilihan makanan sebab hal ini akan membuat si kecil membenci makanan. Jangan memaksa si kecil untuk mengonsumsi makanan yang Anda sajikan. Namun berikan pengertian terlebih dahulu tentang pentingnya makanan sehat untuk tubuh. Dengan begitu maka secara perlahan si kecil akan tertarik untuk mengonsumsinya.

Related Posts

Share This