Khasiat Telur Asin Untuk Ibu Hamil

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang mudah didapatkan dan cara pengolahannya pun sangat praktis. Memasak telur tidak memerlukan cara dan kemampuan khusus sebab telur bisa diolah hanya dengan di goreng atau di rebus. Bahkan pada zaman sekarang banyak orang yang membuat telur asin. Selain rasanya yang enak, khasiat telur asin untuk kesehatan juga sangat luar biasa.

Telur asin memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Namun, ada sebagian orang yang menganggap bahwa mengkonsumsi telur asin pada waktu hamil bisa berdampak negatif terhadap perkembangan janin. Kondisi tersebut tentunya membuat ibu hamil merasa kebingungan untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini. Lalu bolehkah ibu hamil makan telur asin?

Mengkonsumsi telur asin pada waktu hamil tidak ada larangan, dengan catatan tidak berlebihan. Apabila terlalu sering maka dikhawatirkan akan berdampak terhadap kesehatan ibu hamil karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi dan kolesterol sebaiknya membatasi konsumsi makanan dengan rasa asin, termasuk telur asin. Lalu apa manfaat telur asin untuk ibu hamil? Berikut ini penjelasannya!

  • Sumber vitamin A

Salah satu manfaat telur asin untuk ibu hamil yaitu sebagai sumber vitamin A. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun ibu hamil dari serangan penyakit berbahaya. Selain itu, vitamin A juga berguna untuk menangkal racun dan menjaga pertumbuhan visual janin.

  • Sumber vitamin E

Manfaat vitamin E yaitu untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil. Permasalahan yang sering dihadapi oleh ibu hamil yaitu stretch mark ataupun kulit kering. Nah, untuk mengatasi keluhan tersebut ibu hamil bisa mengkonsumsi telur yang kaya akan kandungan vitamin E.

  • Mencukupi kebutuhan kalsium

Kebutuhan kalsium pada waktu hamil akan meningkat dua kali lipat. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil sehingga mencegah penyakit osteoporosis. Selain itu kalsium berfungsi dalam membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin.

  • Sumber zat besi

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah penyakit anemia. Disamping itu, zat besi berperan penting dalam membantu pembentukan hemoglobin sebagai upaya untuk mengoptimalkan aliran darah yang membawa oksigen serta nutrisi untuk janin di dalam kandungan.

  • Sumber protein

Bila dibandingkan dengan jenis makanan lain seperti susu ataupun daging, ternyata telur asin memilikin kandungan protein cukup tinggi. Manfaatnya yaitu untuk mencegah bayi lahir cacat, menstimulus perkembangan kognitif serta meminimalisir berat badan rendah pada bayi.

Nah, demikian beberapa manfaat telur asin untuk ibu hamil. Konsumsilah makanan tersebut dengan porsi yang tepat serta tidak berlebihan.

Related Posts

Share This