Khasiat Madu Murni Untuk Ibu Hamil

Semua orang tentunya mengenal yang namanya madu. Minuman berkhasiat ini dihasilkan secara alami oleh lebah. Madu memiliki banyak khasiat untuk menunjang kesehatan tubuh. Hal ini karena madu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi tersebut diantaranya yaitu riboflavin, thiamin, vitamin, kalsium, kalium, posfor, zat besi, magnesium dan banyak lagi nutrisi lain yang terkandung pada madu.

Manfaat madu untuk ibu hamil

Khasiat madu murni sangat banyak dan beragam untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu untuk menambah stamina dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai nutrisi tambahan bagi perkembangan janin dan menjaga stamina tubuh selama menjalani masa kehamilan. Hal ini karena madu mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Khasiat Madu Murni Untuk Ibu Hamil Adalah Sebagai Berikut:

  • Meningkatkan sistem imun ibu hamil

Madu memiliki khasiat yang sangat banyak bagi ibu hamil. Salah satunya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Selain itu, madu juga bermanfaat untuk menjaga stamina selama masa kehamilan. Mengapa bisa demikian? Madu mengandung zat antibakteri dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga akan membantu meningkatkan pertahanan tubuh. Madu juga mengandung mineral dan asam amino yang diperlukan oleh ibu hamil.

  • Mencegah keputihan pada waktu hamil

Ibu hamil terkadang mengalami keluhan pada waktu hamil yang berhubungan dengan keputihan. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi madu secara rutin. Madu mengandung zat anti bacterial yang berperan penting dalam mencegah dan meminimalisir pertumbuhan jamur serta bakteri penyebab keputihan.

  • Mengontrol kadar gula dalam darah

Manfaat madu untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Apabila kadar gula dalam darah yang berlebihan pada waktu hamil maka sangat beresiko mengakibatkan penyakit diabetes. Untuk mencegah hal tersebut ibu hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi gula dan menggantinya dengan mengkonsumsi madu. Meskipun madu memiliki rasa yang sangat manis akan tetapi madu mengandung pemanis alami seperti fruktosa dan glukosa sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Pemanis alami pada madu senantiasa akan mengontrol kadar gula dalam darah.

  • Mengobati penyakit ringan selama hamil

Pada waktu hamil terkadang ibu hamil terkena penyakit ringan seperti flu ataupun batuk. Hal ini tentunya mengharuskan ibu hamil untuk minum obat, sedangkan konsumsi obat-obatan pada waktu hamil tidak begitu dianjurkan. Untuk mengobati penyakit ringan tersebut ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi madu. Pengobatan secara alami menggunakan madu tidak akan memberikan efek negatif bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Selain beberapa khasiat madu untuk ibu hamil diatas, madu juga ternyata bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Manfaat madu untuk janin yaitu mencegah penyakit hepatitis B dan menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi selama di dalam kandungan. Selain itu, madu juga menunjang tumbuh kembang bayi dan membantu pertumbuhan fisik dan psikologis janin sehingga terlahir normal.

Related Posts

Share This