Khasiat dan Manfaat Biji Mahoni

Mahoni adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, mulain dari buah, pohon dan bahkan bijinya. Kayu mahoni banyak dimanfaatkan dalam industri furniture dan seni ukiran. Banyak yang terfokus hanya sebatas manfaat dari kayu saja, padahal sebenarnya bagian lain dari mahoni memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Bagian yang sering terlupakan adalah biji. Manfaat biji mahoni bisa digunakan sebagai suplemen alami karena mengandung vitamin, mineral, lemak dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Untuk mengkonsumsi biji mahoni bisa dijadikan sebagai ekstrak yang dimasukan ke dalam kapsul ataupun langsung diseduh menggunakan air hangat. Jika dikonsumsi secara rutin maka Anda akan memperoleh manfaat yang luar biasa terkait dengan kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat biji mahoni untuk kesehatan? Berikut ini untuk lebih jelasnya!

Menyehatkan Jantung

Kandungan flavonoid pada biji mahoni berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga tekanan tetap seimbang. Selain itu, saponin pada biji mahoni sangat berguna dalam merawat kesehatan jantung. Kombinasi dari kedua nutrisi tersebut sangat efektif sebagai ramuan alami untuk memeliharas sirkulasi darah dan kesehatan jantung.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi penderita penyakuit diabetes, Anda bisa menggunakan biji mahoni sebagai ramuan alami. Biji mahoni memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Hal ini karena biji mahoni mengandung saponin yang akan mengeluarkan gula darah ketika tidak seimbang.

Membantu Mengatasi Sembelit

Biji mahoni bisa Anda jadikan serbuk dan diseduh dengan air hangat untuk ramuan herbal dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Kandungan serat dan nutrisi lainnya pada biji mahoni mampu memperlancar kinerja otot pada dinding usus.

Mengatasi Nyeri Haid

Keluhan yang paling umum dialami oleh wanita pada waktu haid yaitu nyeri yang luar biasa atau yang disebut kram perut. Daripada mengkonsumsi obat bisa menimbulkan efek samping, sebaiknya konsumsi ramuan dari biji mahoni. Kandungan nutrisi dan senyawa pada biji mahoni mampu mengatasi keluhan tersebut.

Mencegah Alzheimer

Biji mahoni bisa dijadikan sebagai obat untuk mencegah penyakit Alzheimer. Bahkan bagi penderita penyakit tersebut bisa mengkonsumsi serbuk biji mahoni untuk mengatasinya. Dengan begitu maka akan memberikan harapan yang lebih besar bagi penderita tersebut.

Menambah Nafsu Makan

Bagi Anda yang mengalami masalah seputar nafsu makan, cobalah untuk mengkonsumsi daging buah mahoni. Selain itu, biji buah mahoni bisa diekstrak untuk dijadikan suplemen penambah nafsu makan. Jika rutin dikonsumsi maka akan memberikan efek positif.

Mengatasi Masalah Kesuburan

Masalah kesuburan seringkali menjadi hal yang merusak keharmonisan sebuah keluarga. Nah, bagi Anda yang menderita gangguan tersebut, konsumsilah biji mahoni dengan cara diekstrak. Biji mahoni bisa mengatasi masalah kesuburan seperti impotensi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This