Keuntungan Menyusui Bayi Sambil Menggendong

Menyusui bayi merupakan salah satu aktivitas rutin yang harus dilakukan oleh seorang ibu sebagai sarana untuk memberikan asupan makanan dan nutrisi bagi bayi. Hal ini karena sumber makanan utama bagi bayi yang baru lahir hanya air susu ibu (ASI). Pemberian ASI secara ekslusif disarankan selama enam bulan. Tujuan dari pemberian ASI selama enam bulan yaitu untuk menunjang pertumbuhan bayi karena semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi hanya terdapat pada ASi dan tidak bisa digantikan oleh susu formula. Setelah bayi berusia enam bulan barulah bayi bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI.

Pemberian ASI secara ekslusif selama enam bulan memang mempunyai banyak keuntungan bagi bayi. Selain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, pemberian ASI juga berguna untuk mencegah alergi makanan pada bayi. Hal ini karena daya tahan tubuh dan sistem pencernaan bayi yang belum sepenuhnya berfungsi.

Menyusui Bayi Sambil Menggendong

Inilah Keuntungan Yang Bisa Dirasakan Ketika Menyusui Bayi Sambil Menggendong

  • Menyusui akan lebih menyenangkan

Menyusui bayi sambil menggendong merupakan salah satu aktivitas yang lebih menyenangkan. Hal ini akan memungkinkan Anda melakukan aktivitas lain sambil menyusui. Metode menyusi bayi sambil digendong akan memungkinkan Anda untuk tetap melakukan pekerjaan rumah. Untuk menyusui bayi sambil digendong, Anda bisa menggunakan gendongan selempang. Bayi akan tetap merasa Aman dan nyaman ketika menyusu sambil digendong sehingga Anda lebih leluasa dan tidak harus meluangkan waktu khusus untuk menyusui bayi.

  • Memudahkan untuk mengatur bayi yang bermasalah ketika menyusu

Sebagian bayi akan merasa lebih nyaman ketika menyusu dengan posisi digendong. Bayi yang mempunyai pergerakan lebih aktif akan lebih mudah untuk diatur ketika disusui sambil digendong. Menyusui bayi sambil digendong akan berpengaruh terhadap aspek psikologis bayi. Ketika berada dalam gendongan maka bayi akan merasa lebih rileks sehingga refleks bayi dalam mengisap air susu akan lebih baik. Hal ini tentunya akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu, cara ini akan membuat sang ibu tidak kerepotan.

  • Memudahkan sang ibu dalam mengurus anak yang lain

Bagi Anda yang memiliki anak lebih dari satu maka metode menyusui sambil menggendong akan memudahkan Anda dalam mengurus anak yang lainnya. Sambil memberikan ASI pada bayi maka Anda bisa beraktivitas untuk menangani anak yang berusia lebih tua. Hal ini tentunya akan mengefektifkan waktu Anda dalam mengurus anak dan melakukan aktivitas rumah yang lainnya.

  • Bermanfaat untuk menangani bayi yang kekurangan berat badan

Metode menyusui bayi sambil menggendong sangat bermanfaat untuk menangani bayi yang lambat memperoleh berat badan. Hal ini karena kedekatan bayi dengan sang ibu secara tidak langsung akan menstimulus nafsu makan bayi. Selain itu, sang ibu juga akan lebih respon ketika bayi memberikan isyarat lapar. Menyusui bayi sambil digendong akan membuat bayi merasa lebih nyaman sehingga nafsu makan bayi akan tetap seimbang. Kondisi tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap berat badan bayi yang kurang.

Metode dalam menyusui bayi memberikan dampak positif dan negatif bagi perkembangan bayi. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini mempunyai bayi yang masih menyusu sebaiknya lebih cerdas dalam menentukan posisi ketika menyusui bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517