Keuntungan Dan Kekurangan Pompa ASI

Sebagai seoarng ibu yang tengah menyusui, pastinya bunda harus lebih pandai dalam membagi waktu agar agenda bunda untuk pompa ASI tidak terganggu dan pekerjaan atau aktivitas yang lainnya juga tidak ikut terganggu. Bunda bisa mendapatkan ASIP atau Air Susu Ibu perah dengan dua cara, yaitu dengan cara menggunakan tangan atau dalam artian perah, atau juga bisa menggunakan alat pompa asi. Dan pastinya kedua cara tersebut memiliki keuntungan serta kerugian tersendiri.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan memberi tahu bunda mengenai keuntungan serta kerugian pompa ASI. Dan berikut ini beberapa keuntungan juga kerugian dalam menggunakan alat penyedot ASI, yaitu sebagai berikut:

alat penyedot asi

Keuntungan ketika memompa ASI dengan menggunakan manual atau elektrik:

  1. Bunda bisa lebih hemat ketika menggunakan alat pompa ASI, dikarenakan mesin ini merupakan mesin yang bisa bekerja memompa ASI bunda. Namun jika bunda menggunakan pompa ASI yang manual, bunda juga bisa menggunakan tangan kanan atau kiri untuk memompa ASI bunda yang nantinya akan diberikan kepada si kecil.
  2. Bunda masih bisa melakukan sejumlah aktivitas lainnya sambil bunda memompa ASI bunda, tangan bunda yang satu dapat bekerja secara leluasa, misalkan seperti menulis, membaca majalah atau bahkan bunda juga masih bisa memantau sosmed yang bunda miliki.
  3. Jika bunda masih menggunakan pompa ASI yang sederhana, mungkin dari bantuan orang lain bunda masih bisa memompa ASI sambil menyusui si kecil secara bersamaan.
  4. Bunda bisa menghemat waktu yang bunda miliki, apalagi ketika bunda menggunakan pompa ASI yang ganda. Dengan menggunakan pompa ASI, maka pompa ASI yang bunda pergunakan bisa memerah sekaligus kedua payudara bunda.
  5. Dengan menggunakan pompa ASI, bunda bisa dengan mudah melakukannya, apalagi ketika bunda tengah dalam perjalanan serta berada di dalam mobil. Maka bunda hanya perlu menutup bagian payudara bunda menggunakan nursing apron.

alat pompa asi

Kekurangan ketika meggunakan pompa ASI manual atau elektrik:

  1. Sangat kurang efektif dalam mengosongkan payudara bunda. Ketika jumlah ASI bunda sedikit, maka ASI yang ada tidak akan bisa keluar dengan cara menggunakan pompa ASI. Akan tetapi, ketika bunda memerahnya secara manual, maka ASI tersebut akan keluar.
  2. Ketika bunda menggunakan pompa ASI, maka bunda akan merasakan ketidak nyamanan, bahkan bunda akan merasakan sakit ketika awal bunda menggunakan alat pompa ASI tersebut. Dan bunda harus memperhatikan dengan cermat petunjuk penggunaan yang biasanya ada di dalam kemasan atau bahkan tertera di kemasan itu sendiri sehingga bunda bisa menempatkan payudara bunda dengan tepat, dan bunda tidak merasakan sakit ketika bunda memompa ASI.
  3. Bunda akan menjadi ketergantungan terhadap alat pompa ASI, sehingga ketika pompa ASI bunda tertinggal, maka bunda tidak bisa melakukan pemompaan terhadap ASI. Bukan hanya itu, bunda juga akan sibuk untuk membawa perlengkapan lainnya selain wadah ASI.
  4. Pompa ASI manual yang memiliki tekanan negative juga sangat tidak di anjurkan, karena bisa merusak saluran ASI bunda.

Itulah kekurangan serta kelebihan dalam kasus pompa ASI. Semoga dengan adanya artikel kami kali ini, bunda menjadi paham mengenai pompa ASI juga memerah ASI.

Related Posts

Share This